Bupati Resmikan Desa Samida sebagai Desa Wisata

Bupati Garut, Rudy Gunawan, saat prosesi peresmian Desa Wisata, di Desa Samida, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, belum lama ini.

GARUT,(GE).- Seperti kita ketahui bahwa potensi desa wisata yang ada di Kabupaten Garut tidak kalah menariknya dengan desa wisata yang ada di kabupaten lain. Desa Wisata Samida, yang terletak di Kampung Cipayung, Desa Samida, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, adalah kawasan yang tergolong eksotik dengan panorama alam desanya yang asri.

Salah satu sudut pemadangan alam nan eksotis di kawasan Desa Samida, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut.***

Kehidupan masyarakat pedesaan yang masih mengutamankan ramah tamah dan gotong royong, tempat peristirahatan (home stay) yang diapit oleh pegunungan dan hutan kayu yang hijau melengkapi keindahan salah satu kawasan utara Garut ini.

Dengan adanya desa wisata ini, diharapkan menjadi daya tarik untuk wisatawan sehingga betah berlama-lama menikmati nuansa alam desa yang asri, berbaur langsung dengan masyarakat yang ramah, serta budaya gotong royongnya yang masih kental.


Melihat akan potensi desa tersebut, maka Bupati Garut H.Rudy Gunawan secara simbolis meresmikan potensi Desa Samida, menjadi Desa Wisata, Rabu(13/9/2017).

Hadir dalam acara peresmian tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Garut, Budi Gan Gan, Camat Selaawi, Ridwan Effendi beserta jajaran muspika serta tokoh agama, pemuda dan masyarakat Desa Samida.

Dalam sambutannya, Rudi mengatakan, Garut merupakan kota yang sungguh luar biasa indahnya. Dengan segala potensi yang ada diharapkan ada kekompakan dalam penataan antara steak holder yang ada, sehingga tujuan nasional untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara bisa tercapai.

“ Kabupaten Garut akan mendapatkan penghargaan dari kementrian keuangan sebagai kabupaten dengan pengelolaan keuangan terbaik. Garut sebagai ‘anak ajaib’ dikarenakan baru pertama kali sejak Kabupaten Garut berdiri,  laju pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5,8 melebihi provinsi yang hanya 5,6. Promosi tempat wisata sangat penting. Terlepas dari benar atau tidaknya promosi tersebut, harus bisa menarik wisatawan agar datang ketempat wisata yang dipromosikan,”  katanya.

Pada kesempatan lain, Kepala Disparbud Kabupaten Garut, Budi Gan Gan, mengatakan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Desa Wisata Samida,  kedepannya akan dibangun tempat atraktif seperti perkemahan alam dan rumah bambu sehingga Samida bisa menjadi desa wisata unggulan yang ada di Kabupaten Garut. (Dedi Sofwan)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI