Bupati Mulai Mempertanyakan Konsistensi Kinerja Pegawai

PEMKAB, (GE).- Bupati Garut, Rudy Gunawan kembali menyoroti konsistensi kehadiran Pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut. Diakuinya, sejak dirinya menjabat Bupati, tingkat kehadiran PNS mengalami peningkatan yang cukup baik, hal tersebut dibuktikan dari Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang juga mengalami peningkatan, terutama di bidang Infrastruktur.

Namun demikian, dalam beberapa bulan terakhir setelah diperhatikan, kehadiran para pegawai mulai menurun. Bupati Garut mempertanyakan, apakah ini menjadi gambaran kinerja keseluruhan pegawai. saat memimpin apel pagi

“Kemarin saya segaja apel di DPPKA, tingkat kehadiran hanya sekitar 50 persen dari pegawai yang ada. Sekarang di Dinas Pendidikan juga tidak jauh beda, kalau dikalkulasi mungkin hanya 45 persen. Saya heran, pembinaan pegawai model apa yang dilakukan para pejabat di setiap Dinas ini,” tanyanya kepada seluruh peserta apel di Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Rabu (02/12/2015).

Kepada para pejabat, Bupati Rudy mengingatkan untuk senantiasa memberikan contoh dan tauladan kepada para stafnya. Dikatakannya, jabatan yang telah diamanahkan sebetulnya telah memberikan kemartabatan, baik itu kepada pribadi maupun keluarganya. Oleh karenanya hal tersebut harus juga diimbangi dengan melaksanakan tugas sebaik-baiknya. “Nanti akan terasa setelah saudara tidak punya jabatan lagi, ” ungkap Bupati, menegaskan.

Bupati Rudy menegaskan, mulai saat ini pihaknya tidak akan main-main. “Sudah hampir dua tahun saya bersama dr Helmi memimpin Kabupaten ini, nampaknya perubahan kinerja birokrasi harus terus menjadi perhatian.” Tukasnya.

Dikatakannya, dalam waktu dekat apabila melakukan rotasi, pihaknya akan menekankan pada empat fokus yang harus diperhatikan para pegawai. Terutama para pejabat yang ingin menduduki jabatan. Pegawai yang mendukung visi-misi, pegawai yang fokus pada tupoksi, pegawai yang mempunyai pemikiran inovatif, “ Dan tentunya pegawai yang mampu bekerja dalam team work, itu yang harus diperhatikan.” Tandasnya.

Selepas sidak dilingkungan Disdik, didampingi Kepala Bagian Humas Undang Saripudin, Bupati bergegas melanjutkan monitoring sekaligus memberikan arahan di Dinas Ke-PU-an, yaitu Distarkim, Binamarga dan SDAP. Tidak sampai disitu, sebelum mengikuti road show dialog pembangunan di Desa Bayongbong, Kecamatan Bayongbong, Bupati juga menyempatkan memberikan pengarahan dilingkungan Dinas Kesehatan. (Farhan SN)***