Bupati Garut : Pengusaha Hotel dan Restoran di Garut tak Berkontribusi Bagi Pembangunan

PENDOPO, (GE).- Tamparan keras dilontarkan Bupati Garut, Rudy Gunawan bagi pengusaha hotel dan restoran di Garut. Pasalnya ia menilai pengusaha hotel dan restoran di Garut terlalu rendah membayar pajak.

Sehingga, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Garut dari hotel dan restoran masih sangat minim. Bahkan para pengusaha hotel dan restoran dinilai tak berkontribusi bagi pembangunan Garut.

Menurutnya, sejumlah restoran yang ada di Garut hanya membayar pajak sebesar Rp 150 ribu per harinya. Padahal setiap restoran telah mengenakan pajak kepada setiap konsumen sebesar 10 persen.

“Makanya kami saat ini menargetkan PAD dari hotel dan restoran harus naik dua kali lipat. Nanti pembayaran pajak akan menggunakan sistem internet. Jadi akan ketahuan pajak yang harus disetorkan,” ujar Rudy di Kantor Pemkab Garut, Jumat (5/8/2016).

Rudy menambahkan, hanya restoran siap saji saja yang saat ini telah mematuhi dalam membayar pajak. Per harinya restoran tersebut bisa membayar sampai Rp 3 juta.

“Mereka kan sudah pakai komputer untuk pendataannya. Jadi sudah ketahuan. Sebesar 60 persen PAD restoran itu dari restoran cepat saji. Perbandingannya kan cukup jauh,” katanya. Farhan SN***