Bupati Garut Ingkar Janji, 10 Ribu PNS Belum Menerima Gaji

HARAPAN para tegana kerja honorer untuk bisa mengikuti upacara menggunakan seragam pegawai ASN seperti pada foto di atas, semakin terbuka. Meyusul ditandatanganinya surat Presiden untuk pembahasan revisi UU ASN.***

GARUT, (GE).- Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS), di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut belum menerima gaji. Hal tersebut terjadi akibat imbas rotasi mutasi yang dilakukan Bupati Garut, Rudy Gunawan di penghujung akhir Tahun 2016.

Berdasarkan informasi yang dihimpun “GE” sampai berita ini diturunkan. Sekira 10 ribu PNS di lingkungan Disdik belum menerima gajinya. Pemkab berkilah, permasalahan ini timbul akibat imbas rotasi dan mutasi tempo hari.

Tidak hanya gajinya yang ditangguhkan. Dana tunjangan sertifikasi triwulan ke empat sampai saat ini belum ada kejelasan kapan akan dicairkan.


Permasalahan ini sontak membuat sejumlah guru berang dan menilai Bupati Garut, Rudy Gunawan ingkar janji. Pasalnya pada hari Selasa (3/1/2017) bupati berjanji akan mencairkan gaji PNS di lingkungan Disdik pada hari ini Rabu (4/1/2017).

Salah seorang guru PNS yang enggan disebutkan namanya mengaku kecewa terhadap kinerja Pemkab Garut. Menurutnya, penundaan gaji PNS dan dana sertifikasi menjadi bukti kebobrokan Pemkab Garut dalam tata kelola keuangan daerah.

“Waduh semakin parah yah tata kelola keuangannya. Sejak saya diangkat jadi PNS baru kali ini gaji terlambat dibayarkan,” ujarnya sambil mengernyitkan kening.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengawas Seluruh Indonesia (APSI) Garut, Sony MS, mengaku kecewa dengan kinerja Pemkab Garut. Padahal gaji pegawai merupakan hak yang harus diprioritaskan. Pasalnya, kebanyakan PNS menggantungkan kehidupannya dari gaji.

Sony pun, menilai Bupati Garut, Rudy Gunawan, telah ingkar janji. Pasalnya kemarin dengan nada yang menjanjikan gaji PNS akan dicairkan hari ini. Namun pada kenyataannya masih belum bisa diambil.

Seharusnya, kata Sony, Pemkab sudah dapat mengantisipasi jika akibat SOTK baru kemarin akan berakibat sepertu ini. Jika sudah terjadi seperti ini, ujarnya, prasangka buruk malah timbul.

“Jadi ada ga uangnya untuk gaji PNS dan sertifikasi ini. Jangan hanya bicara ada tapi tak kunjung diberikan,” ujarnya dengan nada kesal.

Diberitakan sebelumnya di hadapan sejumlah wartawan Bupati Garut, Rudy Gunawan memastikan hari Rabu, (04/01/2017) gaji para PNS Garut akan dibayarkan, sebab katanya SK-nya sudah terbit.

“Untuk gaji itu sudah ada, besok dibayarkan, karena bendahara gajinya belum di SK-kan. Semua juga sama bukan di Garut saja, karena SOTK baru,” jelasnya.

Selain gaji, kata Rudy, uang sertifikasi para guru pun akan segera dibayarkan. Sebab posisi keuangan di kas daerah cukup banyak. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI