Bupati Garut Dukung BGS Manfaatkan Serpihan Batu Akik

KOTA, (GE).- Salah satu Kelompok penggemar batu akik yang tergabung dalam Bandung Gemstone (BGS) belakangan kian gencar mempromosikan serpihan batu akaik untuk dijadikan aneka perhiasan.

Belum lama ini BGS menyempatkan berkunjung ke galeri batu akik terkemuka, yakni Lasminingrat Gemstone. Dalam kesempatan tersebut, salah seorang pehobi batu akik yang tergabung dalam BGS menyampaikan tekadnya untuk melestarikan beragam jenis batu akik Nusantara khususnya Jawa Barat.

Selama ini masyarakat hanya tahu bongkahan batu akik saja yang bisa diolah menjadi batu cincin sehingga bernilai ekonomi tinggi. Tampaknya masyarakat belum banyak yang tahu, bahwa serpihan batu akik ini bisa diolah sedemikian rupa untuk dijadikan beragam perhiasan yang menarik.

Salah satu harapan BGS mengolah serpihan batu akik ini adalah untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat. Para penggemar batu akik ini untuk kali keduanya melakukan “touring sosial” di Kabupaten Garut.

Selain kunjungan ke Lasminingrat Gemstone, BGS juga melanjutan rangkaian kegiatannya di di SMK IT Nurul Amin itu , berlangsung minggu, ( 29/05/2016). Dalam kegiatan tersebut, hadir Bupati Garut, Rudi Gunawan beserta Anggota DPR RI Hj.Siti Mufattahah.

Ketua Bandung Gemstone , Deni Azen, mengatakan bahwa “touring sosial” tersebut salah satunya untuk proses pembelajaran terkait pemanfaatan serpihan batu akik. Selain memberikan pembelajaran terkait manfaat batu akik, BGS juga memberikan santunan kepada puluhan anak yatim di sekitar kampus Nurul Amin.

“Dalam setahun terakhir, tampaknya perbatuakikan agak lesu. Ini harus kita bangkitkan lagi, karena di Garut potensi batu akaik ini lumayan.” Harpnya.

Dikatakannya, BGS ingin menciptakan pasar baru batu akik khusus kaum perempuan. Berbagai kreasi inovatif BGS berbahan serpihan batu akik ini diantaranya bross, kalung akik, pin , dan replika kujang Pusaka.

Dikatakannya, BGS group pada awalnya dibentuk melalui media sosial fb . Deni sebagai pencetus, mengatakan motonya BGS adalah silaturahmi dalam satu hobi sosial, budaya dan berkepedulian. Hingga saat ini, BGS tercatat memiliki member hingga puluhan ribu di Nusantara.

Sementara itu, sebagai bentuk dukungannya, Bupati Garut H. Rudi Gunawan menandatangani pernyataan apresiasi karya seni BGS. Rudi mengaku terkesan ada warga dari luar Garut peduli akan keberadaan potensi Kabupaten Garut. (TAF Senopati) ***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN