Bupati : Bangunan di Kawasan Darajat yang Menyalahi Aturan Harus Dibongkar

KOTA, (GE). – Bupati Garut Rudy Gunawan kembali menegaskan bangunan di kawasan perbukitan Darajat, Kecamatan Pasirwangi yang menyalahi aturan harus dibongkar. Pernyataan tersebut menyusul rekomendasi yang dikeluarkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tentang keberadaan sejumlah bangunan yang dinilai berada di lokasi rawan bencana.

“Bangunan di kawasan perbukitan Darajat yang menyalahi peraturan memang harus dibongkar. Dari PVMBG juga sudah merekomendasikan begitu,” tandasnya, Rabu (12/10/2016)

Menurut Rudy, jika para pemilik bangunan di kawasan Darajat tak mampu mematuhi aturan tersebut, maka pihaknya mengancam akan melakukan pembongkaran. Namun Rudy masih memberi tenggang waktu hingga satu tahun ke depan.


Rudy menambahkan, di kawasan Darajat, saat ini terdapat bangunan dan kolam yang selama ini menjadi tujuan wisatawan dari berbagai daerah. Untuk hal ini, kata Rudy, Pemerintah Kabupaten Garut telah berupaya membenahi kawasan tersebut agar sesuai dengan ketentuan dan tidak merusak lingkungan.

Bahkan, Pemkab juga telah mengeluarkan perda untuk penataan kawasan Darajat.

“Di dalam perda tersebut, telah diatur sedemikian rupa bagaimana masalah penataan kawasan Darajat. Di sana juga disebutkan pembangunan tidak boleh dilakukan di kemiringan,” katanya.

Lebih lanjut, kata Rudy, penataan tersebut mencakup tujuh titik kawasan wisata Darajat. Selain itu, Pemkab juga tidak akan mengeluarkan izin baru untuk pembangunan di daerah tersebut.

Bupati mengingatkan agar kawasan wisata yang sudah ada di kawasan Darajat segera memperbaiki kondisi bangunannya sesuai dengan rekomendasi PVBMG. (Slamet Timur). ***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI