BUMDes Bersama di Kecamatan Bayongbong Dapat Bantuan 3,4 Miliar Lebih

BAYONGBONG, (GE).- Untuk percepatan pembangunan ekonomi pedesaan, tiga desa di Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, yang tergabung dalam kelompok Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama, mendapatkan bantuan dana dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia senilai Rp. 3,485.000.000. Tiga desa yang telah membentuk BUMDes Bersama tersebut adalah Desa Hegarmanah, Desa Ciela, dan Desa Karyajaya.

Selanjutnya, dana tersebut akan di gunakan untuk infrastruktur dan dana langsung untuk penguatan ekonomi. Adapun jenis usaha yang akan di jalankan oleh BUMDes Bersama ke tiga Desa tersebut , antara lain pengolahan akar wangi, pengolahan kopi, serta beberapa bentuk usaha lainnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Tedi Iskandar mengatakan, salah satu syarat untuk memperoleh bantuan dari Kemendes – PDTT ini minimal harus ada gabungan dua desa untuk bersama membuat BUMDes. Sedang di Garut, penerima bantuan ini ada gabungan tiga desa yang membuat BUMDes bersama, sehingga terpilih untuk mendapatkan skim bantuan ini. “Kita bersyukur, Garut terpilih sebagai penerima bantuan untuk BUMDes Bersama, karena di seluruh Indonesia hanya ada tiga Kabupaten penerima bantuan ini, yakni, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Kabupaten Poso, Sulawesi dan satu satunya di Jawa Barat adalah Kabupaten Garut,” kata Tedi.

Sementara itu, Ketua BUMDes Bersama, Tri Mitra Abadi, menuturkan, sementara ini memang baru tiga desa yang mendapatkan suntikan dana dari pusat, namun manfaat dari bantuan tersebut, akan ikut di rasakan oleh warga desa yang lain. “Mudah mudahan, kedepan semua desa di Kabupaten Garut, bisa mendapatkan hal semacam itu,” kata Mega. (USEU G RAMDANI).***