Buka Dapur Umum, Dinsos Garut Distribusikan Menu Buka Puasa untuk Para Santri Korban Banjir di Pesantren Persis Rancabango

SUASANA berbuka puasa para santri di lokasi bencana banjir di Pesantren Persis 99 Rancabango, Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Selasa (6/6/17)/ foto: Andriawan/GE.

GARUT, (GE).- Mengantisipasi minimnya makanan untuk korban banjir di kawasan Tarogong, khusausnya di Pesantren Persis 99 Rancabango, Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Garut mendirikan posko dapur umum. Pendirian dapur umum ini dipimpin langsung Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Garut, Hj. Elka Nurhakimah, Selasa (6/6/17).

“Ya, kita buka dapur umum ini untuk mengantisipasi minimnya makanan saat buka puasa dan sahur. Untuk sementara kita (Dinsos Garut/red.) mendistribusikan nasi bungkus ini untuk para santri di pesantren Persis. Kasihan kan, di kompleks pesantren akibat banjir gak bisa masak karen masih pada kotor oleh sisa sisa material banjir,” tutur Hj. Elka, saat ditemui “GE” di dapur umum yang digelar kompleks perkantoran Dinas Sosial Kabupaten Garut,  Selasa (6/6/17).

Dikatakannya, bantuan nasi bungkus ini akan didistribusikan untuk para santri di Pesantren Persis selama 3 hari kedepan. Seperti  biasanya, menu utuk masa tanggap darurat ini tim koki dapur umum Dinsos Garut memasak  nasi, mie instant dipadu telur  dadar.


“Insya Allah, kami akan mendistribusdikan menu buka puasa dan sahur ini selama tiga hari kedepan. Ya, untuk pendistribusian nasi bungkus di hari pertama ini kita baru bisa menu sederhana, mie instan telur. Mungkin untuk hari selanjutnya kita bisa menambahkan menu ayam dan sayuran lainnya,” ungkapnya.

Disinggung terkait bantuan dari Dinsos untuk para korban banjir di Pesantren Persis Rancabango, Elka mengaku sudah berkoordinasi dengan Bupati Garut. Dinsos akan memantau perkembangan selanjutnya.

“Oya, barusan Pak Bupati menelfon saya terkait penanganan korban banjir di Pesantren Persis Rancabango ini. Yang jelas kita terus berkoordinasi dan melihat perkembangan selanjutnya. Untuk sementara kita (Dinsos Garut/red.)  baru mendistribusikan bantuan makanan siap saji ini,” pungkasnya. (Andriawan/GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI