Buat Inovasi Pembelajaran, Kepala SDN Wanaraja 3 Raih Anugrah Surya Awards 2016

WANARAJA, (GE).- Sudah setahun terakhir ini pola pembelajaran menggunakan media internet di SDN Wanaraja 3, semakin difokuskan. Dengan menggunakan pola pembelajaran multimedia e-Learning berbasis Articulate. Dalam penggunaan sistem ini, disamping mengajarkan anak untuk mengunakan tekhologi dengan tepat, juga bertujuan meningkatkan kreativitas melalui cara belajar yang menyenangkan.

Adalah Lilis Rohayati, S.Pd,M.Pd, guru merangkap Kepala SDN Wanaraja 3 ini yang sukses memmbuat inovasi pembelajaran tersebut. Dengan kreativitasnya yang inovatif ini, ia menjadi salah seorang nominator pada Anugrah Surya Awards 2016 yang digelar di Graha Mutiara, Cipanas, Garut. Kamis (8/9/2016).

Melalui konsepnya yang inovatif, Lilis dinobatkan sebagai peraihjuara 1 untuk kategori lomba pembuatan multimedia pembelajaran. Lomba ini sendiri diikuti sejumlah guru dari beberapa Kabupaten-Kota di Jawa Barat tersebut. Gelaran kompetisi untuk para penggiat pendidikan ini digagas oleh guru besar UPI Bandung, Prof. Muhammad Surya kerja bareng Kemendikbud dan PGRI pusat.

Dengan raihan prestasinya ini, Lilis Rohayati yang juga finalis lomba Karya Tulis Integrasi IMTAK-IPTEK tingkat nasional ini mengungkapkan rasa syukurnya terhadap Alloh SWT.

Menurutnya, pola pembelajaran multimedia berbasis internet baginya bukanlah hal baru. Sejak masih berstatus guru, Ia mengaku sudah gemar memanfaatkan media internet untuk diaplikasikan ke dalam pola pengajaran didalam kelas.

“Ada juga e-mobile learning, pola pembelajaran dengan memanfaatkan telefon seluler ,saya terapkan waktu masih menjabat guru,” ungkapnya.

Dikatakannya, program ini mendapat sambutan positif dari semua pihak, baik dari dinas, orang tua dan juga anak didik. ” Alhamdulillah, khusus untuk anak didik, mereka sangat menyambut antusias. Pada pola ini mereka dapat lebih kreatif dalam memahami pelajaran.” Tandasnya.

Lilis mencontohkan, salah satu pola pembelaran kreasinya diantaranya anak didik diajak tahap-tahap pembuatan sebuah film animasi. “Anak-anak kita ajak untuk memahami seluruh tahapan, mulai dari cara membuat naskah, membuat tokoh animasi berikut penyesuaian konstum hingga ke tahap akhir.” Jelasnya.

Dijelaskannya, dalam menyampaikan pola pembelajaran ini disuguhkan melalui perangkat komputer dan projektor. Selama proses tersebut, imajinasi anak dapat tergali untuk belajar ekplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

“Selain itu, ada juga ruang interaktif agar anak mampu untuk berkomunikasi,” tutur guru yang juga pernah 2 kali menjuarai lomba pembuatan RPP ini.

Untuk menunjang proses pembelajaran interaktif yang baik, saat ini SDN Wanaraja 3 pun sudah dilengkap alamat website sendiri. Dengan pemanfaatan tekhnologi tersebut, seluruh kegiatan dapat dengan mudah diakses.

“Terimakasih kepada para pemerhati pendidikan di wilayah Wanaraja, UPTD, Ketua PGRI dan Bapak Camat yang telah memberikan suport untuk dunia pendidikan di wilayah Kecamatan Wanaraja. Khususnya kepada saya melalui kunjunganya ke website yang saya persiapkan. Segala bentuk atensi dan dukunganya sangat membantu sekali. ” Ungkapnya. (Doni Melody)***