BREAKING NEWS : Pergerakan Tanah Ancam Belasan Rumah di Desa Cirapuhan

SELAAWI, (GE).- Intensitas hujan tinggi di beberapa wilayah Kabupaten Garut, akhir akhir ini sangat rawan akan terjadinya longsor dan pergerakan tanah. Hari ini kejadian pergerakan tanah terjadi di Kampung Pasir kadu, RT 02/03, Desa Cirapuhan, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (14/10/2016).

Retakan tanah sepanjang 200 meter ini mengakibatkan terputusnya akses jalan utama yang menghubungkan dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Garut dengan Sumedang. Disamping itu, belasan rumah yang tak jauh dari lokasi juga terancam. Akibat terputusnya akses jalan Kabupaten ini, otomatis aktivitas warga terganggu.

Menurut warga sekitar, kejadian pergerakan tanah ini diketahui sekira pukul 5 pagi, Jum’at (14/10/2016). Saat itu ada beberapa orang warga yang akan melintas di jalan tersebut.


“Ya, pergerakan tanah ini dikertahui sekitar pukul 5 subuh. Retakannya mencapai satu meter dengan panjang 200 meter. Dengan adanya kejadian ini kami tentunya khawatir akan mengancam rumah rumah kami,” tutur Dadang (55), warga setempat.

Diungkapkannya, kejadian pergeseran tanah di kampungnya itu bukan pertama kali terjadi. Dan kejadian yang sekarang cukup mengkhawatirkan, karena retakannya terlihat sangat lebar.

Sementara itu, Kepala Desa Cirapuhan, Nandang Supendi yang datang ke lokasi bersama jajaran Muspika Selaawi, mengatakan, selain memutuskan akses jalan, pergeseran tanah ini akan terus terjadi. Dan dikhawatirkan mengancam belasan rumah warga yang berada di dekat lokasi kejadian.

“Saat ini, pihak Desa sudah menghimpun data untuk bahan pelaporan. Sedangkan tindak lanjutnya nanti akan menunggu keputusan instansi yang berwenang,” kata Kades Cirapuhan.

Hingga berita ini diturunkan, longsoran-longsoran kecil dan pergerakan tanah masih terus terjadi, walaupun masih dalam skala kecil. Akibat pergerakan tanah ini juga memutus beberapa saluran air yang mengaliri ratusan hektar lahan sawah dan merusak pipa saluran air bersih. (Useu G Ramdani)***

 

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI