BREAKING NEWS : Lima Sungai di Garut Selatan Meluap, Jembatan Cisarua Ambruk Memutus Akses Jalan Bungbulang-Mekarmukti

SEJUMLAH warga tampak berjaga di dekat Jembatan Cisarua yang ambruk terbawa arus Sungai Cikawung, Kecamatan bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (9/11/2016). Peristiwa ini terjadi setelah Sungai Cikawung dan empat sungai lainnya meluap. Curah hujan yang tinggi mengguyur daerah Garut Selatan sejak siang hari pukul 12.00 WIB.

BUNGBULANG, (GE).- Sejak siang hari sekira pukul 12.00 WIB hujan deras mengguyur wilayah Garut Selatan. Akibatnya, lima sungai yang ada di daerah tersebut meluap. Sehingga rumah warga dan area di sekitar sungai ikut terendam akibat tingginya debet air. Selain itu, luapan air juga merobohkan Jembatan Cisarua yang menghubungkan Kecamatan Bungbulang dan Kecamatan Mekarmukti.

Warga Bungbulang, Deni (41), mengaku dirinya menyaksikan air meluap begitu besar dari Sungai Cikawung. Akibatnya Jembatan Cisarua ikut terbawa hanyut.

“Saya mau pulang ke kampung halaman saya di Kampung Ciputat, Desa Bojong, Kecamatan Bungbung. Saya pulang dari mekar mukti usai menjenguk sodara yang sedang sakit,” kata Deni, Rabu (9/11/2016).


Kini ia tak bisa pulang akibat jalan penghubung dua kecamatan tersebut terputus. Ia berencana kembali ke kampung halamannya espk hari dengan menempuh jalan alternatif via Jalan Rancabuaya.

Berdasarkan pantauan “GE” ada empat sungai yang debet airnya meningkat. Sungai tersebut adalah, Sungai Cikandang di Mekarmukti, Sungai Cikaengan di Kecamatan Peundeuy, Sungai Cipalebuh di Pameungpeuk, SUngai Cipasarangan di Cikelet dan Sungai Cikawung di Kecamatan Bungbulang. Sementara di Kampung Cikawung, Desa Mekarjaya, Kecamatan Bungbulang, ada 10 rumah yang terancam longsor karena berada di bawah tebing curam.

Sampai berita ini diturunkan belum ada laporan korban jiwa. Dinas terkait belum bisa memberikan keterangan resmi. (Siti)***

Editor : Farhan SN

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI