BREAKING NEWS: Ketua KPU Garut Ungkap Penyebab Kegagalan Dua Pasangan Calon untuk Berkompetisi di Pilkada

GARUT – Teka teki gugurnya dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Garut terjawab sudah. Kekurangan administrasi pencalonan dan kurang dukungan untuk calon perseorangan menjadi masalahnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Garut, Hilwan Fanaqi S.I.P., mengatakan dari hasil verifikasi data yang dilakukan pihaknya, dua calon dinyatakan tak lolos. Yakni Sony-Usep dari jalur perseorangan dan Agus Supriadi-Imas Aan Ubudiah.

“Untuk Sony-Usep jumlah dukungan yang diberikan tak memenuhi syarat 6,5 persen dari jumlah pemilih. Jadi tidak bisa kami loloskan. Itu kan sesuai peraturan,” ucapnya.


Sedangkan pasangan Agus-Imas, lanjutnya, tak diloloskan karena ada satu persyaratan yang tak dipenuhi. Saat disinggung kekurangan berkas terkait surat keterangan (SK) dari Balai Permasyarakatan (Bapas) Garut yang belum keluar, Hilwan enggan menjawab.

“Nanti lah untuk kekurangan berkas pak Agus. Belum bisa kami sampaikan sekarang,” katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tak lolosnya mantan Bupati Garut itu terkait belum adanya SK bebas bersyarat dari Bapas Garut. Agus yang sempat terjerat kasus korupsi saat menjabat Bupati Garut itu, harus terhalang SK dari Bapas untuk maju di Pilkada tahun ini. (Mahesa Hastama Ibrahim)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI