BREAKING NEWS : Debit Air Sungai Cimanuk Meningkat, Warga di Bantaran Sungai Panik

GARUT, (GE).- Sejumlah warga yang bermukim di bantaran Sungai Cimanuk panik. Penyebabnya debit air Sungai Cimanuk kembali naik.

Warga mulai mengungsi setelah menerima informasi debit air Sungai Cimanuk naik.

Jika hari biasa jarak air ke bibir sungai bisa sampai 4 meter kini hanya tinggal satu meter saja. Melihat kondisi air terus membesar sejumlah warga lebih memilih mengungsi ke tempat lebih tinggi. Bahkan sejumlah warga nampak berjaga di jembatan Maktal untuk memantau ketinggian air.

Salah seorang warga, Andry (42) mengaku debit air Sungai Cimanuk hari ini lain dari biasanya. Sejak sore tadi hujan di hulu sungai memang besar. Jadi kami terus waspada.


Agar tidak terulang peristiwa seperti dulu, ia memilih mengungsikan anggota keluarganya ke tempat yang lebih aman. Sementara dirinya terus berjaga di bantaran sungai memantau debit air yang kondisinya terus meningkat.

“Ini paling juga satu meter dari bibir sungai. Padahal biasanya 3-4 meter walau pu hujan lebat,” kata Andry.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun “GE” hingga pukul 21.30 WIB, air di Bendung Copong naik 1 meter namun masih dalam kondisi aman. Di kawasan Cimacan air 50 CM di bibir Sungai Cimanuk. Tim BPBD dan jajaran Muspika Garut Kota mulai turun ke lokasi. Sementara laporan dari hulu sungai hujan sudah mulai reda. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI