Breaking News! Buntut Penertiban PKL, Besok Kasatpol PP Garut Diganti ?

PEMKAB, (GE),- Gagalnya Pemerintah Kabupaten Garut dalam menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan pusat Kota Garut belakangan benar benar membuat Bupati Garut Rudy Gunawan benar benar marah besar. Bahkan ancaman untuk memecat Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol.PP) sempat diutarakan berkali kali.
Geramnya Bupati Rudy Gunawan agaknya benar dan tidak main main. Dari informasi yang di himpun “GE”, besok, Rabu, (11/5) pukul 08.00 WIB, Bupati akan melakukan rotasi dan mutasi pejabat eselon II dan III di Aula Setda Garut.
Menurut sumber tersebut, salah satu pejabat yang akan diganti adalah Kasatpol.PP, Firman Karyadin yang akan ditarik menjadi Staf Ahli Bupati. Jabatan Kasatpol.PP rencananya akan diganti oleh Melanik Maumeriyadi yang sejak beberapa bulan ini menjadi Staf Ahli Bupati.
Informasi ini pun ternyata telah diketahui oleh LSM Lembaga Kajian Tim Komite Nasional (LKTKN) yang diketuai oleh Andri Rahmandani. Dia membenarkan telah mendengar akan adanya pelantikan pejabat eselon II dan III besok. “Ya, saya dengar besok Kasatpol.PP besok akan diganti, dan katanya penggantinya adalah Pak Melanik,” kata Andri ketika dihubungi lewat telpon celullernya.
Masih menurut Andri, di jajaran eselon III, katanya juga akan ada mutasi beberapa pejabat, antara lain Gugun Gumbira akan menjadi Sekretaris Satpol.PP, Rico akan menjadi Kabid Satpol PP, Bangbang menjadi Kabid Kebersihan, sedangkan Nurlan akan mutasi menjadi Kabag. Umum Setda, sedangkan Muksin akan mutasi ke Inspektorat. “Baru itu yang saya tau dari hasil investigasi saya,” ujar Andri.
Terkait hal tersebut, Andri mengaku heran, karena menurutnya untuk mutasi jabatan eselon II harus dikonsultasikan kepada Gubernur. Padahal rencana pelantikan ini terkesan begitu mendadak. “Seandainya memang sudah dikonsultasikan ke Gubernur, apa iya, bisa begitu cepat selesai,” kata Andri heran.
Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Garut, Asep Sulaeman Faruq, membenarkan adanya rencana pelantikan besok. Namun dia belum bisa menyebutkan nama nama pejabat yang akan dilantik, dengan alasan masih ada perubahan. “Maaf, saya belum bisa menyebutkan nama nama yang akan dilantik, karena segala kemungkinan masih bisa terjadi. Tentang siapa pejabat yangt akan dilantik, lihat saja besok,” kata Asep, lewat telpon beberapa menit lalu. (Slamet Timur).***