BPMPT: Permasalahan Hukum Objek Wisata Darajat Belum Jelas

ilustrasi

GARUT, (GE).- Terkait penganan kasus hukum di kawasan objek wisata Darajat hingga saat ini belum ada kejelasan. Menurut Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Kabupaten Garut, Jawa Barat, belum dapat memberi izin objek wisata di kawasan Darajat, Kecamatan Pasirwangi, karena masih menunggu penyelesaian kasus pelanggaran lingkungan yang sedang ditangani Polda Jabar.

“Belum diberi izin, masih proses. Karena masih ada permasalahan hukum yang sedang diproses oleh Polda Jabar,” kata Kepala BPMPT Kabupaten Garut, Zatzat Munajat, Senin (31/7/17).

Dijelaskannya, objek wisata air panas alam di kawasan Darajat, Kecamatan Pasirwangi itu sedang menghadapi persoalan hukum terkait kerusakan lingkungan yang sudah ditangani Polda Jabar. BPMPT Garut, menyatakan tidak akan mengeluarkan izin selama belum ada ketetapan hukum yang jelas.


“Kita belum tahu pasti, apakah itu Polda Jabar menetapkan tersangka, atau sedang lanjut,” tukasnya.

Dikatakannya, ada enam perusahaan yang mengusulkan perizinan di kawasan Darajat ke BPMPT Garut yang saat ini masih ditunda karena persoalan hukum.

Enam perusahaan itu,yang termasuk sudah memiliki izin usaha sejak 2010 yang selanjutnya harus menempuh perizinan baru sesuai rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

“Perusahaan yang sudah lama pernah mengusulkan, tapi kita pending dulu, belum kami proses karena ada permasalahan,” katanya.

Seperti diketahui, objek wisata air panas Darajat itu berada sekitar kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). Lokasi ini sendiribelum mendapatkan jaminan dari Pemerintah Kabupaten Garut maupun PVMBG terkait ancaman bahaya bencana alam. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI