BPBD Garut : Waspadai Curah Hujan Tinggi Hingga Januari

KOTA, (GE).- Intensitas hujan tinggi diprediksi akan berlangsung hingga beberapa bulan ke depan. Dengan cuaca seperti ini masyarakat, khususnya di Kabupaten Garut dihimbau untuk tetap waspada.

Demikian disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, melalui Kasi Kesiapsiagaan, Tubagus Agus Sofyan. Dijelaskannya, hujan akan terus mengguyur wilayah Garut dan sekitarnta hingga bulan Januari (2017).

“Ya, informasi dari BMKG, intensitas hujan tinggi akan terjadi sampai minggu kedua bulan Januari 2017. Jadi warga, khusunya di Garut tetap harus waspada. Pascabanjir bandang kemarin, kami juga terus waspada,” tandasnya, Jumat (28/10/ 2016).


BPBD Garut menghimbau kepada warga yang berada di lokasi rawan bencana untuk mengungsi jika hujan mengguyur lebih dari tiga jam. Apalagi seluruh wilayah Garut berpotensi bencana.

“Longsor dan banjir bandang mengancam setiap wilayah. Kita tidak tahu kapan bencana terjadi. Kewaspadaan harus ditingkatkan agar meminimalisir korban,” tukasnya.

Tubagus menyebutkan, pihaknya sering mengalami kesulitan saat memberi informasi kepada warga. Pasalnya banyak warga yang enggan mengungsi jika potensi bencana mulai terlihat.

“Kalau bencananya sudah terjadi mereka baru mau dipindahkan. Padahal kami terus memberi peringatan saat bahaya mengancam,” tandasnya.

Tubagus menambahkan, potensi banjir dan longsor di Garut sama-sama tinggi. Apalagi di musim hujan ini, banyak wilayah di Garut yang lahannya labil. Menurut teori, semua wilayah di Garut berpotensi terjadi bencana.

“Sudah diusulkan untuk mengedarkan surat imbauan ke setiap kecamatan. Yang pasti kami terus pantau semua wilayah,” ujarnya.

Dijelaskannya, pada pekan ini saja sudah terjadi beberapa peristiwa bencana. Seperti banjir bandang di Cisurupan dan longsor di Cisewu. Dari keterangan BMKG, kecepatan angin di wilayah Garut antara 10 sampai 25 kilometer per jam. Sedangkan kelembaban udara antar 59 persen sampai 96 persen. BMKG pun telah mengeluarkan peringatan dini.

“Jadi semua warga harus siap siaga. Jika hujan sangat deras, segera pindah ke lokasi yang lebih aman. Terutama warga di bantaran sungai dan yang berada di tebing,” pungkasya. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

 

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI