BMKG Prediksi Curah Hujan Masih Tinggi, Pemkab Siapkan Jalur Evakuasi di Sejumlah Daerah Rawan Bencana

GARUT, (GE).- Untuk mengantisipasi dalam menghadapi bencana alam, Pemerintah Kabupaten Garut, mengaku telah menyiapkan jalur evakuasi warga di beberapa daerah rawan bencana pada musim penghujan.

“Ya, Pemkab (Pemerintah Kabupaten Garut/red.) tengah membuat sejumlah jalur evakuasi di sejumlah lokasi rawan bencana. Ini sebagai langkah kami mengantisipasi bencana,” kata Bupati Garut, Rudy Gunawan kepada beberapa pewarta, Rabu (7/12/2016)

Rudy nentebutkan, Kabupaten Garut termasuk wilayah yang tinggi potensinya akan terjadinya berbagai bencana alam, terlebih di musim penghujan. Berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak hujan masih akan terjadi akhir Desember 2016.


“Akhir tahun 2016 ini merupakan klimaks dari tingginya curah hujan, sehingga perlu diwaspadai oleh pemerintah maupun masyarakat,” tandasnya.

Dijelaskannya, jalur evakuasi di daerah bencana alam tersebut merupakan bagian dari tanggap darurat untuk mengurangi risiko dampak bencana. Menyiapkan gedung olahraga maupun ruang terbuka milik pemerintah untuk dijadikan tempat pengungsian jika terjadi bencana alam, juga dilakukan sebagai upaya antisipasi.

“Seluruh fasilitas milik pemerintah seperti gedung olahraga dan fasilitas umum lainnya untuk dijadikan tempat evakuasi bencana,” katanya.

“Kita juga menyiapkan kendaraan operasional seperti ambulance dan peralatan medis untuk menangani warga yang mengalami cedera akibat bencana alam.” Tukasnya. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI