BKF Bangun Karakter Anak dengan Program “Berdaya Kreatif Camp”

GARUT, (GE).- Salah satu upaya membangun karakter anak selain bisa dilakukan secara formal di kelas, kegiatan outdoor pun bisa lebih efektif untuk membangkitkan mental dan spiritual anak.

Komunitas Creative Village (Desa Kreatif) yang membentuk sebuah yayasan dengan nama Berdaya Kreatif Foundation (BKF), baru baru ini  menggelar program Berdaya Kreatif Camp di Lapangan Yonif 303, Cibuluh, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut selama dua hari, Ahad-Senin (11-12/12/2016).

Menurut panitia BKF, Muhammad Iqbal Mujahid Akbar, selain menyenangkan peserta kemah, kegiatan tersebut diharapkan mampu membangun karakter anak-anak lebih baik.


“Kemah ini untuk bersenang-senang dengan anak-anak, di dalamnya ada fun, games, juga sebagai upaya membangun karakter peserta agar lebih baik, lebih berbakti pada orangtua dan peduli terhadap pendidikan. Karena nanti ada materi dan kegiatan spiritual juga,” ujar Iqbal, saat dijumpai di Sekretariat BKF Jalan KH. Mustafa Kamil No. 900 Tarogong Kidul Garut, Minggu (11/12/ 2016).

Dikatakannya, dalam kegiatan tersebut, basis utamanya menyenangkan peserta yang terdiri dari peserta Sekolah Dasar, SMP dan SMA. Disamping itu, sejumlah peserta mencakup anak-anak yatim dhuafa, anak-anak korban banjir bandang dan peserta dari penerima beasiswa OYOC (One Youth One Child) salah satu program Creative Village. Sedangkan Panitia kegiatan merupakan gabungan dari relawan Creative Village.

Iqbal mengatakan, Berdaya Kreatif Camp merupakan rangkaian dari program BKF yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat. Sebelumnya semua peserta diberikan bimbingan oleh Yayasan Berdaya Kreatif, hingga mengikuti perkemahan ini akan ada tindak lanjut berupa monitoring terhadap perkembangan karakter peserta.

Yayasan yang berdiri April 2016 ini membantu anak-anak dan warga Kabupaten Garut dalam hal ekonomi, sosial dan pendidikan seperti munculnya program Sekolah Hatiku Senang (SHS).

Kiprah BKF dalam kegiatan kemah ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten, terlebih sebelumnya telah mendapatkan penghargaan Pemuda Kreatif dari bupati Garut seperti yang tercantum di situs berdayakreatif.org.

“Kegiatan ini didukung oleh Bupati, sehingga mendorong harapan kami agar BKF tidak hanya mampu bergerak di tingkat lokal saja, selanjutnya bisa sampai tingkat regional bahkan nasional.” Pungkas Iqbal yang juga menjabat sebagai ketua Creative Village Pusat. (Rohmah Nashruddin)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI