Bisnis Deldom di Alu-alun Garut, Bisa Raup Untung Rp 500 Ribu per Hari

Pemilik Deldom (delman domba) tengah menata penumpang anak-anak di kawasan Alun-alun Garut kota, Minggu ( 07/01/2018)/ foto: Rangga/GE.***

GARUT,(GE).-  Kita mungkin tidak akan menyagka jika bisnis angkutan anak-anak ini bisa meraup keuntungan hingga Rp 500.000 per harinya. Adalah domba Garut yang menjadi ikon kota Garut. Ternyata jika diberdayakan dengan inovatif bisa menghasilkan pundi pundi rupiah yang lumayan. Dengan sedikit hiasan di tubuh domba  plus roda pengangkut mini yang didesain sedemikian rupa, jadilah Deldom (delman domba) sebuah angkutan hiburan yang menjadi favorit anak-anak.

Meskipun Deldom ini bukan yang pertama di Garut,  angkutan hiburan anak-anak ini hingga saat ini menjadi salahh satu wahana hiburan favorit di kawasan Alun-alun Garut. Seperti diketahui, Deldom ini kemunculannya justeru bukan di Garut, melainkan di Kabupaten Ciamis. Sementara warga Garut yang notabene tinggal di kota dengan ikon dombanya justeru terinspirasi warga Ciamis yang menggeluti bisnis angkutan hiburan ini.

Deldom di Garut sendiri biasa beroperasi di areal lapangan Alun-alun Garut setiap hari Jumat, Sabtu dan minggu, mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Dengan tarif 10.000/orang, anak-anak sudah bisa menikmati keceriaan dan sejuknya udara di kompleks Alun-alun Garut dengan menumpangi Deldom.


Dari pantauan garut-express.com, wahana Deldom tampak laris manis menjadi salah satu angkutan favorit anak-anak. Tak heran, menurut pengakuan pemilik Deldom, dari usahanya ini Ia bisa meraup untung yang terbilang lumayan untuk ukuran bisnis hiburan rakyat.

Andri (23) salah seorang pemilik Deldom mengaku bisa mendapatkan penghasilan ratusan ribu rupiah dalam seharinya. Bahkan khusus untuk hari Minggu, penghasilannya bisa tembus Rp 500.000.

” Alhamdulillah, jika hari Minggu atau hari libur  saya bisa mendapatkan Rp 500 ribu dalam seharinya. Tarifnya Rp 10.000 ribu untuk dua kali putaran mengelilingi lapang Alun alaun Garut, ” katanya, saat dijumpati garut-express.com, Minggu  (07/01/2018).

Mendapati usahanya cukup lumayan, Andri kini terus memoles penampilan domba Garut nya dengan pemeliharaan yang telaten. Mulai dari memandikan, memelihara kesehatan tubuh domba secara rutin menjadi kewajiban bagi Andri.

“Ya, untuk menjaga kesehatan dan fisik domba, saya selalu memandikan, merawatnya dengan maksimal. Kalau terlihat ada tanda-tanda sakit, saya juga memeriksakan domba ini ke dokter hewan,” ungkapnya. (Rangga)***

Editor: Kang Cep.

 

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI