Bertani Sayuran Menjadi Andalan Warga Mekarjaya

TARKA,(GE).- Hampir 90 % warga Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler, tercatat menekuni profsinya sebagai petani khsus sayuran. Setiap kali musim panen tiba, para petani di Mekarjaya biasa menualnya ke beberapa pasar tradisional sekitar Kabupaten Garut hingga ada beberapa jenis sayuran yang didistribusikan ke luar Kabupaten Garut.

Mekarjaya, adalah salah satu Desa yang terletak di bawah kaki Gunung Putri ini, memang sejak dahulu terkenal dengan hasil sayurannya. Aneka jenis sayuran seperti saosin, sledri, terong, dan yang lainnya merupakan produk pertanian andalan daerah ini.

Selain tanah yang cocok ditanami sayuran, kebiasaan bertani sayuran ini juga merupakan profesi turun- temurun sejak dahulu. Tercatat, dari luas Desa Mekarjaya yang mencapai 305 hektare, dari luas wilayah tersebut, 160 hektare diantaranya dimanfaatkan sebagai lahan pertanian sayur mayur.

Demikian diungkapkan Asep Sutiana, yang merupakan Kepala Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler, belum lama ini kepada ‘GE.’

“Alhamdulillah, dengan banyaknya warga yang berprofesi sebagai petani sayur, rupanya membawa dampak posistif bagi warga lainnya. Mulai dari proses penanaman hinga penjualan, tentunya memerlukan orang lain untuk dijadikan pegawai. Sehingga bisa menyerap tenaga kerja.

Asep mengatakan, setiap harinya, warganya selalu sibuk mengepak sayuran yang akan di jual ke beberapa pasar. Para pegawai yang kebanyakannya dari kaum ibu-ibu ini, bisa mendapatkan upah Rp 700 ribu setiap bulannya.

Salah seorang warga setempat yang dalam kesehariannya biasa mengepak sayuran , mengatakan, dengan bekerja di tempat pengepakan sayur, dirinya bisa membantu suami dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan bisa untuk biaya sekolah anaknya.

Sementara itu, salah seorang juragan sayur asal Mekarjaya, Wiwin (45), menuturkan, selain dirinya bisa mendapat keuntungan, ia juga bisa membantu warga sekitar mendapatkan penghasilan. Selama ini jumlah pekerja yang biasa membantu mengepak sayuran di rumahnya, mencapai 15 orang. (Useu G Ramdani)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN