Bersama “Jamparing” Uji Adrenalin di Sungai Cikaengang

GARUT, (GE).- Bagi siapa saja yang menyukai olah raga dengan tantangan yang memicu adrenalin, di kawasan selatan Garut ada salah satu sungai yang menjadi wahana untuk menyalurkan hobi ekstrim.

Adalah Sungai Cikaengang, sebuah sungai yang relatif masih asri dengan pesona alam nan eksotis. Untuk memandu menjelajahi Sungai ini, Kelompok Pemuda yang mengatasnamakan “Jamparing” (Jelajah Alam dan Pemelihara Lingkungan) siap membantu anda untuk untuk menguji adrenalin.

Dengan menggunakan river boarding, kita akan dibawa mengarungi derasnya arus sungai Sungai Cikaengan yang berlokasi di Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut.


“Kalau mengarungi sungai menggunakan river boarding ini satu- satunya di Garut. Kami sengaja menggunakan Sungai Cikaengan, karena memang arus airnya cukup ideal untuk olah raga yang memiliki tantangan khusus,” tutur Ujang Nurjaman, Intruktur Komunitas Jamparing, Sabtu (10/12/2016).

Uajang mengatakan, meskipun bermedankan arus sungai yang deras, permainan ini dinilai masih terbilang aman, Untuk melakukan olah raga ini, setiap peselancar akan dilengkapi alat pengaman, semisal helm, pelampung, pengaman sikut dan lutut, sepatu karet dan pengamanan lainnya.

Dengan menggunakan papan selancar sungai, pengunjung bisa merasakan bagaiman sensansi terombang-ambing di tengah arus deras sungai. “Jalurnya memang aman, sudah kami setting sedemikian rupa, yang jelas ekstrimnya dapat, tetapi aman, walaupun bagi pemula, ” ungkap Ujang.

Dijelaskannya, ada tim yang akan memandu selama berselancar. Sementara tim pemandu sendiri dibagi dua kelompok, yaitu pemandu di air dan pemantau didarat. Hal ini dilakukan untuk memastikan para peselancar betul-betul aman selama mengikuti selancar sungai.

Sehingga saat pengunjung selancar sungai terbalik dan hilang kendali tim dapat dengan mudah melakukan penyelamatan. “Ya, kami juga menghitung hal terburuk selama selancar sungai berlangsung, ” ucapnya.

Sejumlah peserta river boarding mengaku senang setelah berhasil menaklukan derasnya Sungai Cikaengan. Selain memang menguji anderalin, juga kondisi sungai yang masih asli belum terkontaminasi sampah-sampah yang merusak keindahan sungai.

“Seru menatang, jeramnya disana susah dan betul-betul berat, sempat tenggelam, tapi aman lah karena ada intruktur, ” aku Rizki.

Nuralim, salah seorang pengunjung. Hal senada disampaikan Yulianti Herlina, ia mengaku degdegan selama berselancar di Sungai Cikaengan. Namun walaupun tegang, Ia mengaku ingin mencoba kembali berselancar di sungai.

“Asyik, tapi agak degdegan ini baru pertama kali. Ingin mencoba pertama untuk menguji adrenalin. Alhamdulillah, sempet tegang tapi setelah pas ke sini melanjutkan asyik juga, ingin lagi mencoba,” ungkapanya.

Untuk mencoba sensasi berolah raga di tengah derasnya arus sungai Cikaengang, Tim Pemandu yang menyediakan berbagai perlatan untuk peselan mengenakan tarif kunjungan sebesar Rp 70 ribu.

Dengan tarif Rp 70 ribu, kita akan dipandu menjelajah Sungai Cikaengang, dengan panjang trek river boarding sejauh 10 Km yang dibagi dalam 5 spot dan sejumlah pusaran air yang sangat menantang. (Aden)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI