Berkemah di Gunung Papandayan, Nyaman dan Aman

SEJAK dulu Kabupaten Garut, Jawa Barat, dikenal sebagai gudangnya objek wisata minat alam. Salah satunya, objek wisata perkemahan di Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan. Bahkan, kawasan wisata perkemahan Gunung Papandayan, belakangan menjadi tempat favorit wisatawan domestik dari berbagai daerah yang ingin menikmati suasana alam terbuka pegunungan.
“Sekarang di Garut banyak pilihan tempat wisata untuk berkemah, tempatnya sejuk dan asri,” kata Taufik, wisatawan lokal asal Garut yang berkemah di Papandayan Camping Ground di Garut, Minggu (9/4/17).

Ia menuturkan, sudah beberapa kali mengunjungi tempat wisata alam pegunungan di Garut hanya untuk sekadar berkemah satu sampai dua malam.
Menurut dia, Kabupaten Garut memiliki banyak tempat yang menarik bagi wisatawan untuk berkemah, seperti Gunung Papandayan, Cikuray, dan Gunung Guntur.

“Di kawasan Gunung Papandayan ini banyak tempat untuk camping, dengan suasana alam pegunungan dan hutan pinus,” kata Taufik yang berkemah bersama beberapa saudara dan temannya.


Taufik menambahkan, dalam petualangannya kali ini ia memilih berkemah di kawasan wisata alam komersial Papandayan Camping Ground karena tempatnya luas dan nyaman untuk menikmati suasana alam pegunungan.
Selain itu, lanjut dia, akses menuju kawasan wisata tersebut cukup mudah dijangkau kendaraan roda empat maupun sepeda motor, serta tiket masuk yang terjangkau murah.
“Alasan pertama berkemah di sini karena belum pernah, biaya masuknya hanya Rp10 ribu per orang, kalau mau pasang tenda bayar Rp100 ribu,” katanya.
Wisatawan lainnya, Muslim, menyatakan, lebih senang berwisata kemah karena dapat menikmati suasana alam terbuka saat siang maupun malam hari.
Muslim menilai, beberapa tempat di kawasan pegunungan saat ini telah dikelola dan ditata secara baik, sehingga lebih nyaman dan menarik untuk dikunjungi.

“Seperti di kawasan Papandayan banyak tempat yang dibenahi, jalannya juga tidak terlalu jelek, sehingga wisatawan nyaman,” katanya. (Farhan SN/GE)***

Editor : SMS

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI