Bendung Copong, Objek Wisata Baru yang Menunggu Diurus

BANYURESMI, (GE).- Beragam potensi wisata alam di Kabupaten Garut tampaknya masih dalam tahapan pembenahan. Selain berbagai potensi wisata alam yang sudah ada, kini Pemkab. Garut harusnya sudah bersiap dengan potensi wisata alam baru yang terbentuk dari dibangunnya sebuah Bendung terbentuk dari aliran Sungai Cimanuk.

Sebelum dan setelah didatangi oleh Wakil Gubernur, Deddy Mizwar tempo hari , kini setiap harinya, kawasan Bendung Copong di Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi mulai banyak dikunjungi warga yang sengaja berdarmawisata.

Meski mulai banyak dikunjungi, sayangnya Bendung Copong ini belum secara serius dikelola pemerintah. Beberapa pengunjung menyayangkan, saat ini keindahan dan keasrian kawasan Bendung Copong mulai terganggu dengan banyaknya sampah yang dibuang begitu saja. Selain itu, kenyamanan pengunjung pun kerap terusik pemungut parkir liar.

“Sayang ya, Bendung Copong ini belum dikelola dengan baik. Katanya sudah diresmikan, padahal pengunjung sudah banyak hampir setiap hari. Apalagi hari libur. Sayang sekali, coba lihat sampah di sini banyak sekali mengotori Bendung ini, belum lagi pungutan parkir liar yang mengurangi kenyamanan wisatawan,” ungkap Mulyadi (45) salah seorang pengunjung Bendung Copong, belum lama ini.

Dikatakannya, jika Bendung Copong ini dibiarkan berlarut seperti ini, sangat disayangkan. Potensi wisata yang akan menjadi salah satu devisa bagi Pemkab Garut ini sudah seharusnya disegerakan pengelolaannya, jika tidak, maka akan mubazir.

Vina (17) salah seorang pengunjung asal Karangpawitan yang datang bersama tiga orang temannya, mengatakan, sudah empat kali mengunjungi Bendung Copong ini. Selain tempatnya yang indah, berwisata di tempat ini, katanya tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Terkait keberadaan Bendung Copong, Pemerintahan Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi angkat bicara. Pihaknya berjanji akan segera mengambil langkah-langkah untuk menata dan mengatur pengelolaan tempat tersebut.

Kepala Desa Sukasenang, Iwan Ridwan mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan perihal tersebut ke Dinas terkait. Sebagai Kepala Desa Sukasenang, ia sangat berharap, jika Bendung Copong ini bisa segera ditata dan dijadikan salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Garut.

“Tentu, kami ingin segera membenahi Bendung Copong ini, karena memang secara teritorial berada di kawasan Desa Sukasenang. Tapi, tampaknya umntuk saat ini kami belum mempunyai kewenangan penuh untuk mengatur Bendung Copong ini.” Ungkapnya.

Iwan mengatakan, untuk sementara, pihaknya tetap melakukan langkah-langkah antisipatif untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, semisal parkir liar atau hal lain yang akan menggangu keindahan Bendung Copong. Pihaknya, sejak ada Bendung Copong telah menempatkan petugas untuk berpatroli. (Useu G Ramdani)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN