Belum Semua SMP di Garut Terapkan PPDB Secara Online, Ternyata Ini Kendalanya

ilustrasi

GARUT, (GE).- Ternyata Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kabupaten Garut  belum semuanya bisa menerapkan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018 secara online. Ada sejumlah kendala yang menjadi penyebabnya, diantaranya keterbatasan perangkat komputer, jaringan serta Sumber Daya Manusia (SDM) di sekolah yang bersangkutan.

” Belum semuanya bisa daftar online (di Garut), karena terkendala perangkat, jaringan dan kesiapan SDMnya,” ujar Kepala Bidang SMP pada Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong, Selasa. (10/07/18).

Diungkapkannya, dari 30 sekolah penyelenggara PPDB tahun ajaran 2018/2019 di Garut, hanya ada satu sekolah saja yang menerapkan sistem PPDB secara online, yakni SMP Negeri 2 Garut.


” Dari 30 sekolah yang ada, baru SMPN 2 yang bisa melakukan PPDFB secara online. Yang belum bisa online artinya orang tua harus datang langsung ke sekolah untuk mendaftarkan anaknya,” katanya.

Totong menyebut, pemerintah daerah menargetkan pada tahun berikutnya SMP berstatus negeri di Garut, yakni sebesar 50 persen sudah bisa menerapkan sistem PPDB online.

Khususnya untuk sekolah yang peminatnya banyak akan secepatnya diberlakukan PPDB secara online.

“Terutama sekolah yang ada di kawasan perkotaan yang siswanya selalu membludak kita terapkan online,” katanya.

Belum terlaksananya PPDB secara daring tersebut bukan hanya persoalan perangkat, jaringan, dan SDM saja. Persoalan lainnya adalah masyarakat yang belum bisa mengakses teknologi internet.

“Sekolah negeri di Garut sementara belum dapat menerapkan pembukaan penerimaan siswa secara online karena menyesuaikan dengan kondisi masyarakat,” tukasnya. (Tim GE)***

Editor: ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI