Belum Berikan Nilai Tambah, MAPAG : Peringatan HJG Hanya Pemborosan Anggaran

Haryono (Ketua Masyarakat Peduli Anggaran Garut- MAPAG ).

GARUT, (GE).- Rutinitas peringatan Hari Jadi Garut (HJG) selalu diperingati secara gebyar saetiap tahunnya. Namun, di tengah gebyarnya perhelatan tahunan yang digelar Pemkab Garut ini dinilai hanya pemborosan saja, belum memberikan nilai tambah pada pembangunan Kabupaten Garut.

Ketua Masyarakat Peduli Anggaran Garut (MAPAG), Haryono menyebutkan momentum Hari Jadi Garut (HJG) sama sekali belum dapat memberilan nilai tambah terhadap masyarakat.

“Ya, terkesan stagnan dan pemborosan anggaran, HJG yang lebih bersifat seremonial serta euforia dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat.Tidak ada yang istimewa dalam setiap helaran HJG,” ucap Haryono, Selasa (21/2/2017).


Diungkapkannya, dalam setiap gelaran HJG Pemkab Garut contohnya menggelar acara pameran itu hanya memindahkan PKL dari satu lokasi ke lokasi yang telah diatur panitia. Biasa digelar di Alun alun Garut,dan itu tidak berpengaruh terhadap laju pertumbuhan ekonomi kabupaten Garut.” Bebernya.

Menurut Haryono, HJG ini mestinya dimamfaatkan untuk mengekspos hasil dari pembangunan Kabupaten Garut. Dan seharusnya lebih terbuka dalam penerapan alokasi anggaran yang berbasis APBD Garut yang nilainya triliunan rupiah tersebut .

“Selama ini kan peringatan HJG itu lebih kepada memunculkan keriaan dan euforianya yang gak jelas. Saya kira Pemkab Garut belum bisa memunculkan inovasi atau kreativitasnya dalam setiap mengadakan hajatan HJG setiap tahunnya.” Tukasnya. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI