BBNKB dan Denda Pajak Digratiskan hingga Agustus, Kesadaran Masyarakat Meningkat 40 %

ilustrasi

GARUT, (GE).-  Kesadaran masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Garut meningkat. Hal ini terjadi sejak dicanangkannya program gratis permohonan Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan denda pajak kendaraan bermotor oleh Pemerintah Provinsi (Jabar)  mulai 1 Juli sampai 31 Agustus 2018.

” Ya, sejak program (gratis) tersebut digulirkan terjadi peningkatan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotornya,” ujar Kasatllantas Polres Garut, AKP Erik Bangun Prakasa, dihadapan sejumlah awak media, saat ekspose pelayanan pembayaran pajak kendaraan di Kantor Samsat Garut, Selasa (10/7/18).

Dikatakannya, program yang digulirkan Pemprov Jabar itu disambut antusias warga Garut yang memohon BBNKB dan bayar pajak kendaraan yang kadaluarsa.


Setiap harinya, petugas Kantor Samsat Garut mampu melayani seratusan pemohon. Peningkatan melonjak sekitar 40 persen dibandingkan sebelum dicanangkan program tersebut.

” Kesadaran (masyarakat) meningkat sebesar 40 persen dibandingkan sebelum program penghapusan denda pajak digulirkan,” tandasnya.

Erik menyebut, tujuan program tersebut dicanangkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tertib membayar pajak kendaraan bermotornya. Selama ini masyarakat cenderung tidak mau mengurus administrasi pajak kendaraannya yang sudah lewat batas pembayaran karena ada beban biaya tambahan sebagai denda pajak.

“Saat ini adalah bagian dari kepedulian pemerintah untuk meringankan masyarakat, yang belum bayar pajak semuanya nol persen denda, berapa lamapun tunggakan pajaknya,” ujarnya. (Tim GE)***

Editor: ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI