Banjir Bandang Rendam Belasan Rumah di Cibalong

CIBALONG, (GE).– Belasan rumah di Desa Karyasari, Kecamatan Cibalong, Sabtu dini hari direndam banjir bandang. Curah hujan yang tinggi ditambah air laut yang pasang membuat air meluap ke rumah warga setinggi satu meter.

Kasatpolair Polres Garut, AKP Tri Andri, mengatakan air mulai meluap ke rumah warga pukul 01.00 WIB. Sejak Jumat malam, diakui Tri curah hujan di kawasan selatan Garut sangat deras. Air dari Sungai Cibera pun meluap ke rumah warga.

“Ditambah kondisi laut yang tengah pasang membuat aliran air tak bisa mengalir normal. Dari hulu Sungai Cibera curah hujan juga tinggi,” ujar Tri saat dihubungi, Sabtu (17/9/2016).

Akibatnya, lanjut Tri, sebanyak 17 rumah warga di RW 1 terendam. Pihaknya pun sejak Sabtu dini hari terus melakukan evakuasi warga yang menjadi korban banjir.

“Ada 39 warga yang dievakuasi. Sampai sekarang juga kami terus lakukan evakuasi termasuk barang berharga milik warga,” ucapnya.

Hingga Sabtu pagi, tambah Tri, hujan masih mengguyur wilayah Cibalong. Namun ketinggian banjir mulai surut. Puluhan warga dievakuasi ke rumah warga lain yang tak terendam. (Farhan SN)***