Awali Penertiban di Garut, Tim Saber Pungli Segera Diterjunkan ke Desa

GARUT, (GE).- Mengawali tugasnya di wilayah Kabupaten Garut, Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang baru dikukuhkan oleh Pemerintah Kabupaten Garut, segera melakukan penertiban dan penindakannya di tingkat pelayanan pemerintah desa, selanjutnya ke tingkat kecamatan dan kabupaten.

“Ya, kita akan memulai tugas ke desa desa, kecamatan kemudian ke kabupaten,” tutut Ketua Tim Saber Pungli , AKBP Novri Turangga usai pengukuhan Tim Saber Pungli di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Garut, Senin (16/1/2017).

AKBP Novri Turangga yang juga Kapolres Garut, menegaskan Tim Saber Pungli dibentuk berdasarkan perintah pimpinan pemerintah pusat. Kemudian ditindaklanjuti di tingkat Pemerintah Kabupaten Garut untuk memberantas segala bentuk praktik yang merugikan publik.


Dijelaskannya, Tim Saber juga melibatkan beberapa elemen yakni Polisi, TNI, Kejaksaan dan beberapa aparatur pemerintah daerah yang bertugas memberantas dan mencegah praktik pungutan liar.

“Tujuannya yang dikedepankan pungli pelayanan, termasuk di kepolisian, sekolah-sekolah di lingkungan pemda seperti pembuatan KTP,” tandasnya.

Dikatakannya, jika ditemukan pelanggaran pelayanan publik yang merugikan masyarakat, , maka pihak yang terlibat akan diproses sesuai aturan yang berlaku.

“Garut ini cukup banyak pungli-pungli yang dilakukan masyarakat maupun PNS,” katanya.

Ia menambahkan, Tim Saber Pungli bukan hanya pada penindakan para pelakunya, melainkan melakukan pencegahan agar tidak terjadi praktik pungli.

Jika ada PNS yang tertangkap melakukan praktik pungli, kata dia, maka akan diproses terlebih dahulu di internal pemerintah daerah.

“Penindakan diserahkan ke internal pemda, ada sanksi administratif, atau jabatannya diganti dengan yang lain,” tukasnya. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI