Arus Lalin Belum Stabil, Terminal Guntur Masih Dipadati Pemudik

Ratusan penumpang arus balik di terminal Guntur Garut tampak berebut naik bus jurusan Jakarta dan sekitarnya, Senin (11/07/2016)/ Idrus 'GE'

CIAWITALI, (GE).- Meski arus balik diprediksi terjadi pada Minggu kemarin (10/7/2016) namun hingga H+5 lebaran ratusan penumpang bus tujuan Jakarta dan sekitarnya masih memadati terminal Guntur, Ciawitali Garut. Untuk mendapatkan tempat duduk mereka rela antri dan berdesakan, Senin (11/07/2016)

Untuk mengantisipasi kekacauan, sebelum naik bus, petugas terlebih dahulu mewajibkan penumpang memegang nomor antrian yang telah disediakan penumpang.

“Ya, saya balik ke Lebak Bulus, ngantri sudah setengah jam. Kalau mobilnya banyak sih gak apa-apa ngantri juga.Ini kayanya mobilnya terbatas,” tutur Asep Dani, salah seorang penumpang tujuan Jakarta.

Berdasarkan data UPTD Terminal Guntur Garut, selama arus balik lebaran tahun ini (2016) jumlah kendaraan yang diberangkatkan per harinya mencapai 250 unit, dengan jumlah penumpang mencapai lebih 3000 orang.

Kepala UPTD Terminal Guntur Garut, Sofyan Hidayat, mengatakan, penumpukan penumpang yang terjadi di Terminal Guntur ini juga salah satunya diakibatkan oleh arus lalulintas yang masih belum stabil sehingga berpengaruh pada jadwal keberangkatan.

“Penumpukan ini juga terjadi akibat dari situasi arus lalulintas yang belum stabil. Di jalan misalkan ada kepadatan lalulintas, otomatis akan berpengaruh terhadap jadwal pemberangkatan,” jelas Sofyan. (Idrus Andriawan)***