Area Gunung Guntur Kembali Terbakar, Asap di Blok Cungur Bedul Mengepul

PETUGAS dari BPBD tampak berusaha memadamkan sisa sisa kebakaran di are gunung Guntur, Minggu (10/9/17) malam./ foto: Memphis/GE.

GARUT,(GE).- Area hutan di kawasan Gunung Guntur, Kabupaten Garut kembali terbakar. Dalam kebakaran kali ini, kawasan cagar alam milik Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), sekira pukul 18.30 WIB kobaran api merampat cepat ke sejumlah pepohonan yang memang mengering akibat kemarau, Sabtu (9/9/17).

“Ya, kali ini kebakaran terjadi di Blok Cungur Bedul, Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut,” kata Kepala BKSDA wilayah V Garut, Gede Putra kepada beberapa awak media, Minggu (10/9/17).

Kepala BKSDA menyebutkan, kebakaran kali ini diduga berasal dari gesekan batu yang kemudian mengeluarkan api di area hutan yang terbakar. Disamping itu, teriknya musim kemarau juga menjadi salah saru faktor penyebab kebakaran hutan ini.


“Mungkin karena musim kemarau dan diserta tiupan angin kencang,” tukasnya.

Dijelaskannya, kebaran yang terjadi beberapa jam tersebut berhasil dipadamkan dengan peralatan seadanya. Dalam proses pemadaman kebakaran di area hutan gunung Guntur tersebut, sejumlah petugas gabungan dari BKSDA, BPBD, Disdamkar, polisi dan TNI, bahu membahu memadamkan kobaran api.

“Kebakaran berhasil kita padamkan pukul 22.00 WIB,” tandasnya.

Hingga berita ini diturunkan, Minggu (10/9/2017) masih tampak kepulan asap di kawasan Blok Cungur Bedul. Sementara sejumlah petugas gabungan masih berada di lokasi untuk memadamkan bara api sisa-sisa kebakaran. (Memphis)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI