APSI Garut Dilantik, Peningkatan Kualitas Pendidikan Jadi Tugas Utama

PROSESI pelantikan APSI Garut oleh Ketua APSI Jawa Barat, Dr. Budi Setiadi di Pendopo Garut, Rabu (11/10/2016).*

PENDOPO, (GE).- Pengurus Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Garut resmi dilantik, Rabu (11/10/2016) di Pendopo Jalan Kabupaten, Kecamatan Garut Kota. Prosesi pelantikan diikuti seluruh anggota APSI yang jumlahnya mencapai 450 orang. Pada pelantikan tersebut APSI mendapatkan tugas untuk berperan aktif meningkatkan kualitas pendidikan di Garut.

“Pasca dilantik hari ini, saya tunggu kerja nyata APSI Garut dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan,” tatang Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman usai menghadiri acara pelantikan kepada wartawan.

Helmi mengatakan, dirinya berpesan agar proses pendidikan di Garut menitikberatkan terhadap proses pembinaan akhlaq atau yang akrab disebut pendidikan karakter. Saat ini, Dinas Pendidikan Garut sedang menyosialisasikan program embun pagi. Oleh sebab itu, ia berharap APSI bisa turut serta menyukseskan program tersebut.


Sebagai langkah nyata, kata Helmi, mulai saat ini semua sekolah wajib menambah pendidikan agama selama dua jam. Selain itu, menanamkan sejak dini prilaku ramah lingkungan disekolah menjadi bagian penting yang harus digalakan.

“Saya wajibkan semua sekolah agar bisa mengolah sampah dan menanam pohon di sekolah. Prilaku seperti ini wajib disosialisasikan sebagai bekal mereka di masa yang akan datang,” ujar Helmi.

Selain itu, kata Helmi, mulai sekarang pengawas akan dilibatkan dalam penempatan dan pengangkatan kepala sekolah. Menurut hematnya, pengawas sekolah dinilai paling kompeten untuk memberikan penilaian terhadap kinerja kepala sekolah dan guru.

Sementara itu, Ketua APSI Jawa Barat, Dr. Budi Setiadi, mengatakan APSI didirikan sebagai wadah bernaung para pengawas yang menjalankan tugasnya di lapangan. Ia berharap APSI Garut bisa bersinergi dengan pemerintah setempat untuk meningkatkan kompetensi pendidikan.

“Saya harap ke depannya pengawas harus lebih tau dari kepala sekolah dan guru. Oleh sebab itu kompetensi pengawas haryus terus ditingkatkan,” harapnya.

Usai dilantik, Ketua APSI Garut, Sony MS, mengaku akan secepatnya melakukan koordinasi keorganisasian untuk membuat rencana program. Tentunya kinerja APSI akan disesuaikan dengan program kerja yang dibuat pengurus.

Sony mengaku, selama ini kinerja pengawas sekolah masih kurang sinergi. Pasalnya pengawas yang tergabung dalam APSI terdiri dari pengawas yang bernaung di Dinas Pendidikan dan pengawas yang bernaung di Kementrian Agama.

Program terdekat yang akan dilakukan, kata Sony, APSI Garut akan terus berusaha meningkatkan kompetensi para pengawas sekolah. Peningkatan kompetensi tersebut akan dilakukan sejak dini.

“Agar kompetensinya baik tentunya pengawas harus disiapkan sejak yang bersangkutan sedang menjadi guru. Jenjang karier yang bersangkutan tentunya harus ditempuh agar kualitas pengawas semakin terjaga,” pungkasnya. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI