Anyaman Bambu Komoditi Unggulan dari Selaawi

SELAAWI adalah salah satu Kecamatan di wilayah Garut Utara dengan segala potensinya. Kecamatan yang secara teritorial letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Sumedang ini kini terus berbenah unyuk mengeksplorasi segala potensi yang dimilikinya. Selama ini, Selaawi terkenal dengan hasil kerajinan tangannya (handycraft) dari bambu, yang sudah merambah hingga mancanegara.

Kerajinan bambu asal Selaawi, terdiri dari berbagai bentuk, tetapi secara fungsi, kebanyakan dari kerajinan tersebut, merupakan alat-alat rumah tangga tradisional. Beberapa perkakas tumah tangga berbahan bambu ini diantaranta bakul, kipas tangan, tempat lampu hias, tempat tisu, dan banyak lagi perkakas menarik lainnya.

“ Selain perkakas rumah tangga, ada juga kerajinan bambu yang tidak kalah nge-trend, yaitu sangkar burung asli Selaawi. Sangkar burung buatan pengrajin Kecamatan Selaawi, khususnya desa Mekarsari, banyak diminati pecinta burung, baik dari dalam maupun luar negri.” Ungkap Camat Selaawi Ridwan Effendi, beberapa hari yang lalu.

Tertkait komoditi berbahan baku bambu ini, Ridwan berharap, ada pembinaan serius dari semua pihak. Kerajinan anyaman bambu di Selaawi ini merupakan komoditas potensial yang bisa menjadi komoditi unggulan yang dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

“ Ya, komoditas dari anyaman bambu ini saya kira bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Sya berharap semua pihak berupaya untuk menumbuhkembangkan produk rumahan ini.” Tutur, Ridwan Effendi beserta istri, yang ditemui diela-sela acara lomba PKK tingkat Provinsi, yang untuk tahun ini diprcayakan kepada Desa Selaawi, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut. Kamis (27/11/2015).  (Useu G Ramdani)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN