Antisipasi Kerawanan Air Bersih, Program Pamsimas Siap Digulirkan

GARUT, (GE).- Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kerawanan air bersih, khususnya menjelang dan selama musim kemarau, saat ini pemerintah mulai menyiapkan berbagai program untuk menanggulanginya.

Menurut Kepala Bidang Pengairan Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Pemkab Garut, Satria Budi, salah satu program yang telah disiapkan untuk mengantisipasi kerwanan air bersih ini adalah Program Sanitasi Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Pamsimas ini merupakan program yang digulirkan oleh pemerintah pusat.

“Program itu dikelola langsung oleh masyarakat. Sedangkan kapasitas Pemkab Garut dalam hal ini Dinas Tata Ruang dan Pemukiman hanya memfasilitasi masyarakat dari mulai perencanaan pelaksanaan, pengawasan, serta pembangunan insfratruktur Pamsimas,” jelasnya.

Diungkapkannya, syarat bagi daerah yang mendapatkan program Pamsimas, bagi desa yang sudah memiliki sumber mata air. Sementara, pemerintahan desa yang memiliki sasaran pelayanan air serta pemdes yang memiliki keseriusan serta memiliki badan hukum.

“Diharapkan saat program Pamsimas diserahkan atau dikelola, sudah tidak tergantung lagi pada pemerintah.” Tandasnya. (Tim GE).***

Editor: Kang Cep.