Antisipasi Dampak Kemarau, Kodim 0611 Pantau Wilayah untuk Tiga Produk Pertanian

ilustrasi.

GARUT,(GE).- Sebagai upaya untuk mengantisipasi dampat musim kemarau, Kodim 0611 Garut mengaku telah komando dari atasan untuk melakukan berbagai hal, sehingga bisa mencegah gagal panen.

Menurut Kepala Staff Kodim (Kasdim)  0611 Garut, Mayor Inf. Aat Supriatna,  pihaknya secara langsung telah menerima komando atas untuk mengantisipasi tiga produk selama musim kemarau ini agar tidak gagal panen. Ketiga produk pertanian tersebut adalah padi, jagung, dan kedelai sehingga saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan di wilayah.

“Selama musim kemarau ini masalah yang sangat kita sikapi adalah yang kaitannya dengan pangan. Kita menerima perintah langsung dari komando, bagaimana caranya menjaga hasil pangan sehingga tidak terjadi gagal panen, khususnya padi, jagung, dan kedelai,” katanya, Minggu (17/9/17).


Dijelaskannya, ada beberapa hal yang harus dilakukan, mulai dari pencarian sumber air baru dan pembangunan jaringan irigasi untuk jangka panjangnya. Salah satunya dengan melakukan pompanisasi dari sungai di sekitar sawahnya.

“Pencarian sumber air baru dan pembangunan jaringan irigasi sekunder ini memang untuk jangka panjang.  Proses pencarian sumber baru ini juga kita melakukan pembuatan sumur patek atau bor di sekitar pesawahan. Kita bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Garut,” ungkapya.

Dikatakannya, dampak dari kekeringan saat ini memang sangsat dirasakan sejumlah wilayah pesawahan, khususnya di sejumlah wilayah tadah hujan. Meski demikian, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya sawah yang gagal panen. (Tim GE)***

.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI