Antisipasi Bahaya Erosi, Kodim 0611 Garut Tanam Pohon di TPA Pasirbajing

APARAT TNI, Polri, dan berbagai komponen masyarakat di bawah komando jajaran angggota Kodim 0611 Garut, saat melakukan apel persiapan reboisasi di TPA Pasirbajing, Jumat (4/5/18) pagi. (Foto : Farhan SN/GE)***

GARUT, (GE).- Jajaran anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0611 Garut, Jawa Barat, tak hanya fokus menjaga kondusifitas keamanan Kabupaten Garut. Di sela tugas rutinnya, mereka juga kerap membuktikan kepeduliannya terhadap lingkungan.

Jumat (4/5/18) pagi tadi, jajaran anggota Kodim 0611 Garut menggelar kegiatan peduli lingkungan dengan menanam pohon di kawasan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Pasir Bajing. Kegiatan tersebut, sebagai upaya mengantisipasi ancaman bahaya erosi akibat kerusakan lingkungan.

“Ini program TNI bersama instansi terkait dan masyarakat dengan sasaran menjaga terjadinya erosi bencana alam tanah longsor,” kata Komandan Kodim (Dandim) 0611 Garut, Letkol Inf. Asyraf Aziz,  Jumat (4/5/18).


Menutut Dandim, program penanaman pohon di kawasan rawan erosi itu merupakan perintah langsung dari jajaran petinggi Komando TNI sebagai bentuk kepeduliaan terhadap lingkungan.

“Program ini juga dilaksanakan sebagai upaya membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” katanya.

Aziz menilai, bencana alam maupun kerusakan lingkungan merupakan salah satu penyebab masyarakat mengalami kesulitan untuk mendapat kesejahteraan hidup lebih baik.
Ia berharap, program peduli lingkungan itu dapat mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dan siap menghadapi berbagai ancaman, gangguan, dan hambatan.

Upaya menjaga kondisi lingkungan masyarakat yang tangguh itu, lanjut Aziz, perlu dibangun secara bersama-sama dengan seluruh instansi pemerintahan, dan juga semua elemen masyarakat.

“Keberhasilan pelaksanaan penghijauan ini sangat ditentukan oleh koordinasi dan kerja sama. Tentunya sangat diperlukan dukungan dan partisipasi aktif seluruh masyarakat,” katanya.

Lebih jauh Aziz mengungkapkan, program penghijauan penanaman pohon tersebut bagian dari kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam menjalin kebersamaan dalam setiap situasi.

“Sesuai semboyan : Kodam Ill/Siliwangi adalah rakyat Jawa Barat, rakyat Jawa Barat adalah Siliwangi. Untuk itu tetap bahu membahu berjuang sepanjang masa dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI,” tandasnya. (MHI/GE)***

Editor : SMS

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI