Angin Putingbeliung di Garut Porakporandakan Satu Kampung

BANYURESMI, (GE).- Angin putingbeliung porakporandakan Kampung Serut, Desa Pamekarsari Kecamatan Banyures Garut, Jawa Barat, Kamis (21/7/2016). Peristiwa tersebut terjadi pukul 14.300 Wib. Saat itu suasana Kampung serut tampak mencekam dan seluruh warganya bertahan di dalam rumah.

Salah seorang warga Kampung Serut, Diki Alamsah (39), mengataka angin kencang tiba-tiba berhembus dari arah timur. Saat itu, hujan lebat turun membuat suasana kampung mencekam. Bahkan sebagian anak kecil tampak ada yang menangis saat angin bergemuruh disertai hujan lebat.

Setelah berlangsung beberapa saat dan warga setempat meyakini angin telah berlalu baru mereka berhamburan ke luar rumah guna memastikan benda apa saja yang tersapu angin. Berdasarkan pantauannya, puluhan rumah di Kampung Serut rusak disapu angin. Bahkan rumah semi permanen mengalami kerusakan fatal di bagian atap.

“Rata-rata rumah yang terkena sapuan angin mengalami kerusakan riangan dan sedang. Namun bangunan poskamling terguling diterjang angin yang begitu kuat,” kata Diki, saat dihubungi “GE”, Kamis (21/7/2016).

Sampai saat ini warga setempat sedang bergotongroyong membereskan puing-puing bangunan dan membantu warga lainnya yang sedang memperbaiki rumkah. Diki menyebutkan, rumah miliki Bambang dan Yuyun yang terletak di RT 04 RW 03 mengalami kerusakan berat.

Diki berharap pemerintah Kabupaten Garut segera turun tangan mengatasi hal ini. Pasalnya banyak warga yang kesulitan memperbaiki bangunan rumah karena keterbatasan biaya. Sampai berita ini diturunkan belum ada penanganan dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut. (Farhan SN)***