Anggota Komisi VII DPR RI: Penanganan Kasus Penyebab Banjir Cimanuk Lamban

GARUT,(GE).- Penanganan kasus penyebab banjir bandang sungai Cimanuk Garut dinilai lamban. Hal ini disampaikan anggota Komisi VII DPR RI, Dony Maryadi Oekon, saat melakukan kunjungan ke Garut, belum lama ini.

“Ya, langkah hukumnya juga tak jelas, padahal Presiden sudah jelas memerintahkan untuk menuntaskan penyebab banjir ini (Cimanuk/red.),” kata Dony saat kegiatan reses di Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Selasa.

Diungkapkannya, banjir bandang yang menimbulkan korban jiwa dan kerugian materi melanda Kabupaten Garut hampir setahun lalu. Menurutnya, kepolisian sendiri sudah melakukan langkah penyelidikan. Bahkan sudah menetapkan tersangka dalam kasus kerusakan lingkungan diantaranya pengusaha di kawasan wisata Darajat, Kecamatan Pasirwangi, Garut.


” Kasus hukum harus segera ditindaklanjuti dan dibongkar hingga akar-akarnya,” katanya.

Dony menyebutkan, sudah kesekian kali menyampaikan ke Kementerian Lingkungan Hidup (Kemen-LH) untuk mengatasi masalah persoalan lingkungan di Garut ini.

“Sampai sekarang belum dapat jawaban dari Kemen-LH, bukan hanya masalah hulu sungai di Garut itu, tapi soal tambang ilegal juga,” tukasnya.

Jika kementerian tidak segera menyelesaikan permasalahan lingkungan di Garut, Dony menyatakan siap membawa pihak kementerian untuk melihat langsung kondisi lingkungan di Garut.

Ditegaskannya, selain kementerian, kepolisian juga harus terjun untuk menyelidiki dan menindak tegas jika terdapat pelanggaran hukum dalam persoalan lingkungan. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI