Aneh! Bukannya Memberi Santunan, Bupati Garut Malah Membantah Ada Korban Jiwa di Pasar Wanaraja

PEMKAB, (GE). –  Bupati Garut Rudy Gunawan secara tegas membantah terjadinya peristiwa kecelakaan yang menimpa dua orang warga di Pasar Wanaraja, hingga satu orang meninggal dunia dan seorang lagi menderita luka luka.

“Itu berita bohong, jangan percaya dengan berita itu, depan Pasar Wanaraja itu rumah keluarga saya,” kata Bupati dengan nada tinggi kepada sejumlah wartawan, usai melantik pejabat eselon III dan IV, Rabu petang (13/7/2016) di Aula Setda Garut.

Bantahan Bupati tersebut sangat aneh, karena peristiwa tersebut telah terjadi dua hari lalu, Senin (11/7/16).

Diberitakan dua orang tertimpa reruntuhan bangunan saat mencari kayu bakar di lokasi Pasar Wanaraja yang sebagian sudah dirobohkan. Mereka adalah Ny. Dede Mimin dan Ny.Asih, keduanya merupakan warga Kp. Rancabatu, Desa Wanamekar, Kecamatan Wanaraja.

Akibat musibah tersebut, Ny. Dede Mimin meninggal dunia saat mendapatkan perawatan di Puskesmas Wanaraja, sedangkan Ny. Asih mengalami luka cukup serius.

Bantahan Bupati dengan nada agak marah itu menjadi aneh, karena kejadian tersebut juga dibenarkan oleh Camat Wanaraja, Nurodin. Bahkan, Nurodin mengaku telah melaporkan kejadian tersebut secara resmi kepada Bupati melalui Asisten Sekda Bidang Pemerintahan, lengkap dengan kronologi kejadiannya.

“Benar ada kejadian itu, hari Senin kemarin. Saat itu kebetulan tidak ada yang bekerja di proyek tersebut. Satu orang meninggal di Puskesmas, dan satu orang lagi menderita luka luka. Dan saya sudah lapor ke Pak Bupati melalui Asisten Bidang Pemerintahan sebagai atasan langsung saya,” kata Nurodin saat dihubungi melalui selulernya, Rabu petang, (13/7/16).

Bukan itu saja, peristiwa ini pun diakui oleh Kepala Bidang (Kabid) Pasar, Dinas Perindustrian Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindagpas)  Kabupaten Garut, Ahmad Ramdani. Bahkan,  dia juga mengaku telah melayat keluarga korban yang meninggal dunia.

“Sebagai bentuk kemanusiaan dan tanggung jawab Pemerintah Daerah, kami kemarin melayat Korban jiwa tertimpa reruntuhan Pasar Wanaraja.  Kalau soal laporan ke Pak Bupati, itu memang seharusnya Pak Camat yang membuat laporan, karena ada warganya yang kena musibah hingga meninggal dunia” kata Dani, saat dihubungi wartawan via selularnya. (Slamet Timur) ***