“Amazing” BNNK Garut Tes Urine Legislatif

Oleh, Dadan Arif

BNNK yang tengah menjadi sorotan publik Garut karena terobosannya yang cukup dianggap berani untuk melakukan tes urine kepada anggota DPRD Kabupaten Garut perlu diapresiasi dan didukung oleh masyarakat. Hal ini tak lepas dari program BNN Pusat yang gencar melakukan kegiatan pemberantasan dan penanganan penyalahgunaan obat terlarang dari berbagai jenis yang lebih dikenal dengan istilah “Narkoba”.

Terlepas dari keberaniannya tersebut, kami elemen masyarakat yang tergabung dalam organisasi PETA Garut (Peduli dan Cinta Garut) menganggap dan berharap BNNK tidak setengah hati untuk melakukan tes urine DPRD yang diagendakan akan dilaksanakan hari ini, Selasa 03Mei 2016 yang bertempat di gedung DPRD Kabupaten Garut. Melainkan BNNK mesti bertindak transparan, Akuntabel dan profesional.

DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat yang kredibel dan legitimite untuk melaksanakan amanat rakyat dalam hal mengawasi, legislasi dan budgeter di Kabupaten Garut yang menjadi mitra kerja kepala daerah beserta SKPD, seyogyanya terbebas dari hal-hal negatif yang akan mempengaruhi kinerja dan moralitas serta amanah anggota dewan.

Dengan meyakini sepenuh hati, bahwa anggota DPRD Kabupaten Garut terbebas dari DARK (Dunia Gelap) istilah anak muda untuk narkoba, hal ini terbukti dari pernyataan hampir seluruh anggota dewan yang menyatakan siap untuk di tes urine.

Bahkan hal itu telah dibuktikan langsung tidak hanya omong kosong belaka, hari kemarin beberapa anggota dewan yang telah memeriksakan diri di kantor BNNK walaupun hari ini formal pemeriksaannya karena hari ini anggota DPRD tersebut ada agenda kegiatan ke luar daerah untuk melaksanakan tugas. Dan hal itu kami pantas memberikan apresiasi atas kooperatif dan itikad baiknya.

Lantas yang menjadi kehawatiran dan sekaligus mesti kami tekankan kepada BNNK bahwa hasil dari tes urine ini harus segeradiberitahukan kepada masyarakat luas apa adanya berdasarkan hasil analisa medis. Sehingga tidak terjadi penilaian publik liar yang hanya bereferensi isyu dan gosip semata.

Karena begitu banyak terdengar dari kabar-kabar burung yang beredar yang kemudian bisa mempengaruhi citra dan kridibelitas DPRD menjadi negatif.
Selanjutnya kami DPP PETA Garut menghendaki BNNK mempublikasaikan hasil dari tes urine secara keseluruhan dan utuh serta jelas sehingga masyarakat melihat kegiatan BNNK tidak hanya sekedar life service dan formalitas semata.

Dan yang lebih menghawatirkan apabila BNNK tidak memberitakan hasil ini kepada publik akan menjadi bola salju yang akan dipolitisir dan dimanfaatkan oleh pihak tertentu serta menjadi pelemahan eksistensi DPRD dan partai politik, juga dijadikan konspirasi yang dapat menimbulkan kegaduhan apalagi saat ini Garut akan menghadapi pilkada.

 

Penulis adalah Sekjen DPP PETA Garut.