AKP Dedi Rustandi, Sosok Perwira Polisi yang Lihai Berdakwah

PERAWAKANNYA tegap, ucapannya tegas kepada setiap bawahannya, itulah sosok AKP. Dedi Rustandi, seorang perwira polisi yang kini dipercaya menjabat Kapolsek Singajaya, Kabupaten Garut. Selain dikenal dengan ketegasnya dalam menjalankan tugasnya sebagai penegak hukum di wilayah “ Pakidulan Garut,” Dedi juga dikenal warga sekitar sebagai polisi yang pandai berceramah atau berdakwah.

Tak heran, dengan kepribadiannya ini, AKP. Dedi Rustandi menjadi panutan, bukan hanya oleh anak buahnya. Namun, warga sekitar Polsek Singajaya pun mengakuinya bahwa AKP. Dedi adalah sosok penegak hukum yang bisa dibanggakan.

Bahkan dengan kelihaianya dalam berdakwah ini, AKP. Dedi Rustandi boleh dibilang sosok anggota Polri populer di tengah masyarakat, terutama warga yang ada di wilayah selatan Garut.


Menurut salah seorang anggota Polsek Singajaya, Aiptu Affandi, sosok komandannya itu sangat dihormati oleh semua rekan seprofesinya. “Selain sering memberikan tausiyah kepada anggota Polsek Singajaya, beliau sering juga mengisi ceramah beberapa acara di wilayah selatan Garut,” katanya.

Saat mengisi ceramah dalam menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1438 H, di Desa Tegalgede, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, AKP Dedi menyampaikan pesannya, bahwa sebagai seorang seorang anggota Polri, selain berkewajiban memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat, juga dituntut memberikan pemahan positif kepada masyarakat.

“Anggota Polri juga dituntut untuk bisa memberikan pemahaman positif, khususnya Agama Islam , ya salah satunya melalui ceramah ini.” Tutur Dedi, yang telah dua tahun terakhir ini ditugaskan di Polsek Singaja.

AKP. Dedi Rustandi, yang telah mengemban tugas sebagai Kapolsek Singajaya, memiliki harapan agar setiap dakwah atau ceramah yang disampaikannya bisa bermanfaat bagi warga sekitar.

Gaya ceramah anggota Polri berpangkat Ajun Komisaris Polisi ini dikenal dengan cara penyamapaiannya yang lugas, tegas, namun tidak membuat bosan mustami. Pasalnya, dalam setiap ceramahnya ia kerap minyisipkan bumbu banyolannya yang segar.  Dengan gaya berdakwahnya yang khas inilah, AKP. Dedi Rustandi kerap kali diundang warga untuk menyampaikan tabligh-nya secara khusus dalam acara acara tertentu. (Useu G Ramdhani) ***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI