Ada Simade dan SIM online, Buat SIM di Polres Garut jadi Mudah

GARUT – Satlantas Polres Garut meluncurkan program pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang bisa memudahkan masyarakat. Selain menghindari calo, pembuatan SIM tersebut bisa memangkas waktu.

Dua program yang diluncurkan pada Rabu (21/2/2017) yaitu SIM online dan SIM Masuk Desa (SIMADE). Polres Garut pun berharap pelayanan dalam membuat SIM bisa lebih ditingkatkan.

Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna didampingi Kasatlatlntas Polres Garut, AKP Rd Erik Bangun, mengatakan SIMADE sebenarnya sudah berjalan beberapa bulan lalu. Namun pihaknya baru meluncurkan program itu hari ini.


“Kami ingin meningkatkan pelayanan ke masyarakat. Apalagi wilayah Garut cukup luas,” ucap Budi di Mapolres Garut, Rabu (21/2/2017).

Budi melanjutkan, tak semua warga Garut bisa membuat SIM ke Polres Garut. Contohnya warga yang berasal dari wilayah selatan. Untuk memudahkan masyarakat, pihaknya pun mengadakan SIMADE.

“Jadi ada dua unit mobil Grandmax yang di dalamnya sudah ada alat membuat SIM. Dua mobil itu akan datang ke desa-desa yang meminta untuk membuat SIM,” katanya.

Proses pembuatan SIMADE pun tak berbeda dengan membuat SIM di Polres. Hanya saja personil Polres yang datang ke desa-desa.

“Nanti desa tinggal komunikasi dengan kami. Desa yang banyak mengajukan, tentu jadi prioritas. Nanti kami inventarisir (desa) mana yang didahulukan,” ujarnya.

Selain SIMADE, Polres Garut pun membuka SIM online. Nantinya warga yang tak memiliki KTP Garut, bisa membuat SIM di Polres Garut.

“Misala saya KTP Bogor, tapi bisa bikin di Garut. Ini sudah terkoneksi sePolda Jabar. Jadi sama memudahkan juga,” katanya. (Angga)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI