80% Siswa SDN Jayawaras I Terkatagori Miskin, Kok yang Dapat BSM Hanya 10 Orang

TARKID, (GE).-SDN Jayawaras I adalah salah satu sekolah dasar di kawasan Kelurahan Jayawaras, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di SD yang tak jauh dari kompleks kantor Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Garut ini, tercatat, hampir 80% anak didiknya terkategori miskin. Atau hampir 100 orang lebih siswanya layak mendapatkan program Bantuan Siswa Miskin (BSM). Namin ironisnya, hanya beberapa orang siswa saja yang mendapatkan BSM.

Demikian diungkapkan Kepala Sekolah SDN Jayawaras I, Hj. Yeyes Reswati, S.Pd., Senin (14/12/2015).

“Kasihan anak-anak, seharusnya mendapatkan BSM, namun kebanyakan tidak dapat. Padahal di sini (SDN Jayawaras I) hampir 80% nya siswanya terkatagorikan miskin. Kita sudah mengajukan hampir 100 orang lebih siswa untuk mendapatkan BSM. Namun, anehnya hanya 10 orang saja yang dapat,” ungkap Hj. Yeyes.

Dikatakannya, kini pihak sekolah justeru kebingungan untuk mencairkan dana BSM yang hanya diperuntukan untuk 10 orang tersebut. Padahal jumlah siswa yang harus mendapatkannya mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 ada seratusan orang lebih.

“Kita, malah bingung, bagaimana membagikannya,” keluhnya.

Selain persoalan pencairan BSM yang tidak sesuai dengan yang diajukan, kondisi ruang kelas SDN Jayawaras I ini juga sangat memperihatinkan. Beberapa dinding, atap dan kusen-kusennya mulai lapuk dimakan rayap. Padahal menurut Yeyes, yang menjabat Kepala Sekolah sejak Juni 2015, ruang kelas SDN Jayawaras I ini baru dibangun pada tahun 20017 lalu.

“Katanya baru dibangun pada tahun 2007, tapi coba lihat sekarang kondisinya. Padahal ini sekolah kan tidak jauh dari kantornya pak Bupati, apakah beliau tidak melihat kondisi ini?” Keluhnya.

Kepsek Jayawaras berharap, Bupati memperhatikan kondisi sekolahnya, jangan hanya memperhatikan sekolah yang jauh jauh. Sementara yang dekat dengan pemerintahan justeru diabaikan.

“Harapannya, pak Bupati memperhatikan kondisi sekolah ini. Kasihan anak-anak, atau setidaknya kunjungilah kami (SDN Jayawaras I/red) Lihatlah kondisi kami,” tandasnya. (ER)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN