Satu Ruang Kelas SDN Dunguswiru 2 Ambruk, Kelas Lainnya Terancam

LIMBANGAN, (GE).- Ruang kelas Sekolah Dasar Negri (SDN) Dunguswiru 2 Kecamatan Limbangan Kabupaten Garut ambruk. Peristiwa ini terjadi akibat bangunan yang sudah lapuk dimakan usia.

Ruang kelas ini, biasanya digunakan untuk kegiatan belajar mengajar siswa kelas 3. Kini ruang kelas itu hanya tingal puing-puing saja.

Kejadian robohnya bangunan kelas SDN Dunguswiru II ini, terjadi pada pukul 02, hari Sabtu, (23/04/2016). Untung saja, pada saat kejadian, sudah tidak ada lagi kegiatan belajar mengajar, sehingga  murid dan guru SDN dunguswiru II tidak ada yang menjadi korban.

Saat tim GE meninjau di lokasi kejadian, ternyata ruangan kelas yang ada di sekolah tersebut, hampir semuanya sudah tidak layak pakai. Hanya ada dua kelas yang dianggap masih bisa di pakai kegiatan belajar mengajar.
Dengan kondisi yang seperti itu, terpaksa pihak sekolah mengambil keputusan untuk menggunakan satu ruangan di pakai oleh dua kelas berbeda. Sehingga kegiatan belajar mengajar tidak bisa tenang dan konsentrasi.
Menurut wakil kepala sekolah dasar negri Dunguswiru 2, H. Sopandi, sebelumnya memang sudah terlihat ada retakan di dinding ruang kelas yang roboh itu. Selain bangunannya sudah lapuk, tanah di sekitar bangunan sekolah pun labil.
Sopandi menambahkan, sebelumnya ia sudah melaporkan kondisi bangunan yang sudah tidak layak lagi, kepada pihak UPTD pendidikan Kecamatan Limbangan. Namun sebelum ada program perbaikan, bangunan sudah keburu roboh. Yang peling mengkhaatirkan Sopandi, tanda-tanda serupa, sudah nampak pada ruang kelas lainnya, sehingga ia khawatir jika ada kejadian serupa, dan menimpa murid yang sedang belajar. Useu G Ramdani***