Kerap Memeras Warga, Puluhan Anjal Diamankan Petugas

KOTA, (GE).- Satuan polisi pamong praja kabupaten garut, Rabu (2/3/2016), berhasil menangkap puluhan anak jalanan (Anjal) yang biasa mangkal di sejumlah kawasan perkotaan. Penangkapan tersebut dilakukan setelah maraknya laporan masyarakat yang merasa resah dengan keberadaan kumunitas Anjal tersebut.

Kabid Satlinmas Pol PP Garut, Mimin, mengatakan puluhan anak jalanan berhasil diamankan. Mereka ditangkap dari sejumlah tempat diantaranya di Bundaran Leuwidaun, Pertigaan Maktal, Alun-alun Tarogong serta kawasan terminal.

Masih menurut Mimin, penangkapan ini dilakukan setelah maraknya laporan masyarakat yang merasa resah dengan keberadaan komunitas Anjal atau yang kerap disebut anak Funk. Menurut laporan warga, mereka kerap meminta uang secara paksa dengan dalih mengamen di sejumlah angkutan umum.

Puluhan anak funk yang berhasil diamankan, digiring petugas menggunakan kendaraan patrol. Tak sedikit dari mereka yang menolak untuk dibawa. Namun petugas pun tidak diam begitu saja, mereka digiring secara paksa untuk dikumpulkan bersama anak funk lainnya di kantor Satpol PP Garut.

Setelah dilakukan penangkapan, kata Mimin, Satpol PP, akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk melakukan pembinaan. Namun menurutnya, maraknya anak funk di Garut kebanyakan limpahan dari daerah lain.

“Nanti setelah didata, anjal yang dating dari daerah tetangga akan dipulangkan. Sementara yang asli orang Garut akan dibina oleh Dinsos,” ujar Mimin.

Setelah dilakukan operasi ini, kata Mimin, diharapkan keamanan dan kenyamanan warga saat menggunakan angkutan umum kembali terjaga. Pihak Satpol PP Garut, akan terus melakukan razia jika masih didapatkan Anjal berkeliaran. (Idrus Adriawan)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN