Menunggu Realisasi Delapan Point Kontrak Politik Pilkada 2013

Kabupaten Garut Hari Jadi Garut Ke-203 tahun 2016 atau bersamaan dengan memasuki tahun ketiga kepemimpinan Rudy-Helmi merupakan momen strategis bagi masyarakat Garut untuk menyaksikan implementasi visi kepemimpinan Rudy-Helmi terutama berkaitan dengan pembangunan infrastruktur dan pelayanan dasar.

Isue yang berkembang hari ini adalah merebaknya ketidaksabaran disebagian komponen masyarakat garut untuk menilai realisasi janji politik Bupati-Wabup terpilih. Disatu sisi, kami memaklumi perjalanan waktu yang baru melewati 2 tahun belum cukup untuk Rudy-Helmi merealisasikan seluruh komitmen nya kepada masyarakat Garut. Disisi lain, suatu hal yang wajar jika masyarakat merasa greget, tidak sabar menunggu perubahan dan perbaikan yang dijanjikan.

Sudah tidak ada alasan lagi untuk menunda komitmen politik Rudy-Helmi ditahun ketiga ini. Bagaimana 8 point kontrak politik ketika pilkada 2013 dijadikan sebagai platform dasar perencanaan pembangunan garut.

Disinilah perlunya komunikasi yang baik antara pemimpin dengan rakyat. Bagaimana pesan pemimpin tersampaikan kepada publik sehingga publik memahami apa yang sedang, telah dan akan dilakukan. Harus ada ruang terbuka antara rakyat dengan pemimpin untuk menampung kritik agar Bupati-Wabup juga memahamu apa yang dikehendaki rakyatnya.

Mempertemukan kepentingan publik dengan kepentingan penyelenggara pemerintahan memang tidak mudah. Karena cara pandang yang berbeda bisa menjadi pemicu kesalapahaman yang berakibat terjadinya ketidakharmonisan. Sehingga benturan antara pemimpin dengan rakyatnya dapat diminimalisir. Dalam catatan kami, sejak Rudy-Helmi memimpin Garut, setidaknya ada sekitar 12 gugatan PTUN yang bergulir di PTUN Bandung. Memasuki tahun ketiga kepemimpinan Rudy-Helmi nampaknya membutuhkan manajemen human releation yang handal dan mampu merespon kegelisahan publik.

Oleh : Ma’mun Gunawan

– Ketua PGRI Kec. Banyuresmi
– Sekretaris Majelis Pemuda Indonesia KNPI

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN