Pemberlakuan Klasifikasi SIM C Belum Bisa Disosialisasikan di Garut

POLRES, (GE).- Klasifikasi Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi kendaraan roda dua belum bisa disosialisasikan Polres Garut. Hingga kini belum ada keterangan resmi yang disampaikan Mabes Polri.

Kasatlantas Polres Garut, AKP Ardi Wibowo, menuturkan nantinya SIM bagi pengendara motor akan dibagi sesuai kapasitas mesin. Kepastian waktu pelaksanaan aturan tersebut juga belum bisa dipastikan.

“Kami masih menunggu kabar resmi dari Korlantas mengenai klasifikasi SIM C. Surat tertulis belum kami terima sehingga belum bisa disosialisasikan,” ujar Ardi di Mapolres Garut, Rabu (20/1).

Ardi membenarkan adanya wacana klasifikasi SIM untuk kendaraan roda dua tersebut. Nantinya setiap pengendara sepeda motor harus memiliki SIM sesuai kapasitas mesin yang digunakan.

“Sekarang kan masih sosialisasi awal oleh Korlantas. Itu juga baru di media sosial. Kami juga belum tahu pelaksanaannya akan seperti apa,” ucapnya.

Dari informasi yang diterimanya, kendaraan dengan kapasitas 250 cc ke bawah masih menggunakan SIM C. Sedangkan untuk kapasitas mesin 250 cc sampai 500 cc harus memakai SIM C1 dan SIM C2 bagi kendaraan dengan kapasitas mesin di atas 500 cc.

Mekanisme yang lebih rinci, lanjut Ardi, mengenai klasifikasi SIM tersebut belum dijelaskan lebih lanjut. Menurutnya, klasifikasi SIM tersebut memang harus dilaksanakan. Sama halnya dengan klasifikasi di kendaraan roda empat atau lebih.

“Orang yang memakai motor di atas 500 cc itu kan harus punya keahlian dalam menggunakannya. Makanya harus ada perbedaan di SIMnya,” katanya.

Masalah biaya pembuatan SIM hingga kesiapan sarananya juga belum bisa dipastikan. Jika sudah ada informasi, maka pihaknya akan segera melakukan sosialisasi.

Ardi melanjutkan, pihaknya saat ini juga tengah menyiapkan mobil SIM keliling untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Garut. Rencananya, operasional SIM keliling akan dimulai bulan Februari.

“Untuk mobil SIM keliling pelayanannya akan kami prioritaskan untuk wilayah Garut selatan. Nanti bisa mempermudah masyarakat juga,” ujarnya.

Ke depannya, Polres Garut juga akan menyiapkan SIM online. Pelayanan bagi masyarakat di selatan Garut diharapkan bisa lebih mudah. Pasalnya, banyak masyarakat yang akan membuat SIM, harus datang sehari sebelumnya.

“Otomatis biaya yang dikeluarkan masyarakat lebih besar. Makanya dengan adanya SIM keliling bisa membantu masyarakat di selatan,” ucapnya. Farhan SN***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN